nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pindahkan Pengguna Kendaraan Pribadi ke Angkutan Umum, Pemprov DKI Dituntut Sediakan Sarana dan Prasarana Transportasi yang Baik

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 11 November 2017 05:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 10 337 1812010 pindahkan-pengguna-kendaraan-pribadi-ke-angkutan-umum-pemprov-dki-dituntut-sediakan-sarana-dan-prasarana-transportasi-yang-baik-jJQ2uTFXo7.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Upaya menekan tingkat penggunaan kendaraan pribadi di ibu kota terus dilakukan. Pembenahan sistem dan armada transportasi terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Terkait itu, Pengamat Transportasi Universitas Indonesia (UI), Alvinsyah turut menyoroti hal tersebut. Menurutnya, pemprov wajib melakukan penataan pada aspek pengelolaan serta memenuhi penyediaan sarana dan sarana yang memadai untuk mengakomodir kebutuhan transportasi harian masyarakat.

"Harusnya hal ini yang menjadi prioritas utama, yang mencakup aspek pengelolaan, prasarana, sarana," ujar dia kepada Okezone, Sabtu (11/11/2017).

Bila pemprov ingin masyarakat tertarik menggunakan layanan angkutan umum--selain kualitas, harga, dan cakupan layanannya baik-- maka harus menerapkan kebijakan yang memaksa masyarakat menggunakan angkutan umum.

"Tidak bisa kebijakan yang bersifat equal treatment atau ekspresi vulgarnya kebijakan yang diskriminatif --dalam konteks yang positif tentunya-- atau dalam isitilah saya pribadi adalah menerapkan kebijakan kastanisasi bagi pelaku perjalanan," jelas dia.

Dikatakan Alvinsyah, perlu komitmen dan konsistensi yang penuh, serta kerja keras dari pemerintah untuk merealisasikan rencana yang dicanangkan sejak era Gubernur Sutiyoso tersebut. "Juga harus didukung secara penuh oleh Pemerintah pusat, hanya DKI saja yang bergerak akan sulit berhasil," tambah dia.

(ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini