nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Mantu, Cermin Pernikahan 'Islam Nusantara yang Berkemajuan'

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 09 November 2017 17:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 09 337 1811379 jokowi-mantu-cermin-pernikahan-islam-nusantara-yang-berkemajuan-YO5DZyrCiG.jpg Prosesi akad nikah Kahiyang Ayu yang dihadiri pucuk ulama NU dan Muhammadiyah (Foto: Antara)

JAKARTA - Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno berpendapat pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution memiliki makna yang begitu dalam, baik dalam hal sosial-politik maupun budaya.

Salah satunya ialah dengan hadirnya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siradj dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.

Pada pernikahan Kahiyang-Bobby kemarin, KH Said Aqil maupun Haedar Nashir diberikan peran yang cukup baik, yakni pembacaan doa dan khutbah. Bahkan, kedua pimpinan ormas terbesar di Indonesia itu duduk berdampingan di samping Jokowi. Pelibatan dua pimpinan ormas Islam ini pun memberikan makna politik tersendiri.

"Di media sosial pernikahan (Kahiyang-Bobby) disebut pernikahan Nusantara yang Berkemajuan," kata Adi dalam diskusi Redbons di Redaksi Okezone, iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017).

Kalimat ‘Islam Nusantara’ merujuk pada visi pemikiran Islam yang digaungkan oleh NU. Sementara kalimat ‘Islam Berkemajuan' merujuk pada visi pemikiran keislaman yang digaungkan oleh Muhammadiyah.

"Jadi dalam pernikahan ini baik NU dan Muhammadiyah digabungkan. Ini momentum yang cukup baik ketika NU dan Muhammadiyah belakangan ini dihadapkan dalam berbagai isu. Pak Jokowi memahami itu," tutur Adi.

Sekadar informasi, pernikahan Kahiyang-Bobby dihadiri oleh sekira 8.000 undangan yang terdiri dari berbagai elemen, baik pejabat negara, tokoh politik, artis hingga masyarakat.

Prosesi pernikahan pun berlangsung khidmat hingga seluruh tamu yang hadir cukup merasakan makna yang begitu dalam dari pernikahan lintas budaya tersebut.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini