nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aliran Kepercayaan Masuk Kolom KTP, DPR: Sudah Jadi Keputusan MK, Nggak Bisa Berdebat Lagi

Bayu Septianto, Okezone · Rabu 08 November 2017 15:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 08 337 1810612 aliran-kepercayaan-masuk-kolom-ktp-dpr-sudah-jadi-keputusan-mk-nggak-bisa-berdebat-lagi-4d7ik1a5sp.jpg Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria tak masalah dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan penganut aliran kepercayaan masuk dalam kolom agama di Kartu Tanda Penduduk.

"Memang kita mengakui selain beragama ada aliran kepercayaan. Nggak apa-apa kalau sudah jadi keputusan MK kita nggak bisa berdebat lagi," ujar Riza saat dihubungi, Rabu (8/11/2017).

Menurut Riza dengan adanya putusan MK ini, mau tidak mau pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) harus mengakomodir setiap aliran kepercayaan dalam kolom agama di KTP.

"Nggak masalah (ditulis di KTP), abis gimana lagi udah keputusan MK ada aliran penganut kepercayaan," jelas Riza.

Ketua DPP Partai Gerindra itu menuturkan pemerintah harus segera memikirkan langkah selanjutnya pasca keputusan ini. Komisi II, lanjut Riza siap membicarakan langkah selanjutnya bersama pemerintah terkait revisi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

"Kedepan kita revisi soal agama dan kewarganegaraan. Dibuat revisi UU nya supaya lebih kuat," pungkas Riza.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini