Kemendagri Usul Dana Pilkada Pakai APBN, KPU: Itu Ide Sangat Baik

Taufik Fajar, Okezone · Selasa 07 November 2017 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 07 337 1810129 kemendagri-usul-dana-pilkada-pakai-apbn-kpu-itu-ide-sangat-baik-UUh4RHM1yj.jpg Diskusi publik membahas pembiayaan pilkada serentak (Foto: Taufik Fajar)

JAKARTA - Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengusulkan agar penyelenggaraan Pilkada Serentak harus disokong penuh oleh APBN, karena lebih dikontrol. Bukan dengan APBD seperti yang saat ini berlaku lewat UU Nomor 10 Tahun 2016.

"Kita melihat Pilkada Serentak ini, harus dengan APBN. Karena lebih mudah dikontrol. Dan KPU juga tidak perlu mengemis sama DPRD setempat untuk anggaran," ujar Bahtiar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (7/11/2017).

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Divisi Perencanaan Keuangan & Logistik, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, apa yang diusulkan Kemendagri tersebut merupakan ide yang baik, agar menjadikan pilkada lebih matang.

"Ide Pilkada Serentak dengan biaya penyelenggaraan ditanggung APBN itu sangat baik," tuturnya.

Menurutnya, masih ada di daerah yang sulit mendapatkan dana pada saat melangsungkan pilkada. Disebabkan daerah memiliki program pembangunannya masing-masing. Tapi tetap harus menyisihkan untuk dana pilkada.

"Mereka di daerah mempunyai program masing-masing ya. Kadang mungkin sulit kalau harus menyisihkan untuk pilkada," pungkas Ubaid.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini