Perindo Berencana Kembali Minta Hakim MK Percepat Sidang Gugatan Verifikasi Parpol dalam UU Pemilu

Reni Lestari, Okezone · Senin 06 November 2017 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 06 337 1808951 perindo-berencana-kembali-minta-hakim-mk-percepat-sidang-gugatan-verifikasi-parpol-dalam-uu-pemilu-TvbJ1wCqgc.jpg Ketua LBH Perindo, Ricky K Margono (foto: Okezone)

JAKARTA - Sidang perkara uji materi Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu akan kembali digelar hari ini di Mahkamah Konsitusi (MK), dengan agenda mendengarkan keterangan DPR dan Pemerintah. Partai Perindo sebagai salah satu pemohon yang menggugat pasal 173 Ayat (3) tentang verifikasi partai politik peserta Pemilu akan turut hadir.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perindo Ricky Margono mengatakan, pihaknya akan kembali meminta majelis mempercepat jalannya sidang, mengingat proses verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019 oleh KPU akan segera dimulai.

"Pasti akan kita minta lagi (untuk mempecepat). Karena kemarin sebenarnya ada waktu kosong dua minggu," kata Ricky kepada Okezone, Senin (6/11/2017).

 (Baca juga: KPU Harap MK Segera Putuskan Uji Materi UU Pemilu)

Namun begitu menurutnya, majelis cukup konsisten dengan pernyataan akan memprioritaskan perkara ini karena menyangkut penyelenggaran Pemilu dan kepentingan masyarakat luas.

"Terhitung lumayan cepat (prosesnya), karena memang banyak sekali yang mengajukan," kata dia.

Sementara itu, keterangan tiga ahli dan lima saksi fakta yang berencana akan dihadirkan belum bisa didengar dalam sidang hari ini. LBH Perindo masih berusaha mengonfirmasi kesediaan pihak-pihak yang akan dihadirkan.

 (Baca juga: Perludem: MK Mesti Prioritaskan Putusan Gugatan UU Pem‎ilu!)

Partai Perindo diketahui merupakan pemohon nomor 62/PUU-XV/2017. Pasal 173 ayat (3) memuat ketentuan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu namun mengecualikan parpol yang telah memiliki kursi di DPR, atau peserta Pemilu 2014. Pasal yang sama juga digugat oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Idaman.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini