TOP FILES: Kisah Merakyat Para Presiden RI dengan Makanan Kesukaannya

Hantoro, Okezone · Sabtu 04 November 2017 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 03 337 1808138 top-files-kisah-merakyat-para-presiden-ri-dengan-makanan-kesukaannya-6ip01RCVzm.jpeg Presiden Soeharto bersama jajarannya sedang makan bersama. (Foto: Ist)

TIDAK ada yang menyangka pemimpin negeri ini akan berlaku sama persis dengan rakyat pada umumnya ketika sedang menikmati makanan kesukaannya. Mereka bahkan tidak malu melakukannya di depan khalayak ramai yang mengelilinginya. Mulai menyantap menggunakan tangan hingga cara unik menikmati menu makanannya diungkapkan akan Okezone ungkapkan secara singkat. Berikut ini kisahnya, sebagaimana dikutip dari buku 'Sisi Lain Istana' karya Josef Osdar, Sabtu (4/11/2017).

Berawal dari presiden kedua Republik Indonesia, HM Soeharto, bersama Ibu Tien. Pada 1989, keduanya sedang melakukan kunjungan kerja ke Harare, Zimbabwe, Afrika Tengah. Di suatu kesempatan mereka berkunjung ke taman safari di sana.

Di taman terbuka itu, Pak Harto dan Ibu Tien juga sempat menikmati penganan yang sengaja dibawa. Tampak Presiden Soeharto menyantap nasi putih dan gumpalan-gumpalan abon yang sengaja dibawa dari Jakarta. Tetapi sayangnya, para pewarta tidak bisa mendekatinya untuk menyaksikan lebih detail.

(Baca: OKEZONE FILES: Deretan Mobil Presiden RI dari Masa ke Masa, Sedan Jokowi yang Paling Canggih)

Sementara presiden keempat RI, KH Abdurrahman Wahid, gemar menikmati sepiring nasi putih dengan opor ayam. Hal itu terlihat ketika Gus Dur –sapaan akrabnya– sedang diwawancarai para wartawan di ruang kerjanya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Secara perlahan ia menyantap nasi yang telah dikucuri kuah opor, sementara potongan paha ayam opor diletakkan di pinggir piringnya. Awak media mengira paha ayam tersebut tidak bakal disantap Presiden Abdurrahman Wahid. Tapi ternyata dimakan setelah nasinya habis. "Ini gongnya. Nikmat dimakan tersendiri," ujar Gus Dur.

Lain lagi cara presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, dalam menikmati sebuah makanan. Suatu hari ketika melakukan kunjungan ke Singapura, Megawati terlihat para pewarta sedang duduk di sebuah meja makan bundar. Ia tampak asyik menikmati penganan yang diambil dari piring kecil.

Saat awak media mendekatinya untuk melihat lebih jelas, tampak Presiden Megawati sedang menyantap butiran-butiran kencur. "Jika saya mulai capek dan tenggorokan saya mulai gatal-gatal, saya makan ini," ungkapnya.

(Baca: OKEZONE FILES: Simak! Prajurit TNI Peraih Bintang Adhi Makayasa yang Jadi Tokoh Penting di Indonesia)

Kemudian ada juga presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang asyik memakan nasi kuah yang dituangkannya sendiri. Ia melahap menu tersebut menggunakan tangan, tidak dengan sendok. Tampak Presiden SBY menikmatinya dan tanpa sungkan terhadap sekitarnya.

Dengan tangannya pula, SBY terlihat mencampur nasih berkuah itu dengan sayur-sayuran kemudian menyantapnya. Ini berlangsung ketika Presiden dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke kawan Pantai Utara Jawa (Pantura) pada masa pemerintahan periode awalnya (2004–2009).

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini