Amien Rais Sebut PAN Sebaiknya Tak Ada di Lingkaran Pemerintah

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 02 November 2017 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 02 337 1807336 amien-rais-sebut-pan-sebaiknya-tak-ada-di-lingkaran-pemerintah-rd5mMGcPi2.jpg Amien Rais (Ilustrasi)

JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendukung pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebut sangat tidak etis bila PAN sebagai partai politik pendukung pemerintah tak mendukung Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang.

"Yang betul Pak JK, sebaiknya PAN keluar karena akan jadi beban sejarah," ujar Amien di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

Amien merasa tak sudi bila partai yang ia besarkan selama ini tetap bersama pemerintah, walaupun kerap tak sejalan dengan sikap politik yang diambil pemerintah. Amien menambahkan publik akan menilai PAN sebagai partai yang meladeni kepentingan pemodal semata.

"Kalau tidak keluar, nanti dikenang sebagai partai lahir dari rahim reformasi tapi ujung-ujungnya hanya menjadi pendukung negara yang meladeni kepentingan pengembang, bukan rakyat," tukas Amien.

(Baca Juga: PAN Menolak Perppu Ormas Dijadikan UU, Ini Reaksi Wapres JK)

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut, sikap PAN itu tak etis dilakukan. Sebab, partai politik berlambang matahari itu adalah bagian dari koalisi pemerintah.

"Tentu kurang etis, tapi itu hak demokrasi masing-masing," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

"Menterinya yang ada di kabinet dengan fraksinya kadang-kadang memang beda pendapat," tambah dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini