nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Papua Memanas, Begini Strategi Jitu Kapolda Papua Redam Kelompok Bersenjata

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 02 November 2017 17:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 02 337 1807289 papua-memanas-begini-strategi-jitu-kapolda-papua-tangkal-redam-kelompok-bersenjata-MLAixLUbTR.jpg Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berbagai aksi kriminal terjadi di Papua menjelang perhelatan kontestasi Pilkada Serentak 2018. ‎Bahkan, aksi dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) itu semakin berbahaya lantaran berani menembaki Pos Satgas Brimob di Mile Point (MP) 67, Tembagapura, Mikika, Papua pada Minggu 29 Oktober 2017 kemarin.

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, telah meningkatkan pengamanan guna mengantisipasi aksi-aksi kriminal serupa kembali terjadi di Tanah Cendrawasih.

‎"Kita‎ mendapatkan tugas-tugas yang sudah dikelola ini agar terus ditingkatkan dalam artian bagaimana kita dapat mengeleminir gangguan keamanan dari kelompok bersenjata. Karena kalau kita lihat berdasarkan fakta dan realita kelompok bersenjata ini telah menganggu keamanan masyarakat, termaksud juga karyawan (Freeport) dan keselamatan dari petugas," kata Boy usai melakukan Rakor di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

‎Polda Papua juga melakukan langkah komprehensif dengan berdialog bersama tokoh lintas agama beserta kepala-kepala suku di Papua agar dapat menghentikan aksi kriminal dari KKB tersebut. Sehingga, Jenderal bintang dua itu optimis upaya tersebut mampu menghentikan aksi kriminal di wilayah hukumnya.

"Kita juga harus memastikan langkah-langkah perlindungan kepada warga negara yang ada (di Papua), kepada masyarakat terutama kehadiran dari kelompok bersenjata ini menganggu masyarakat," ujarnya.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu melanjutkan, aksi pendekatan persuasif hingga peningkatan pengamanan di Papua tersebut diharapkan mampu menangkis aksi kriminal di Papua semakin meluas. Apalagi, Polda Papua juga melakukan penegakan hukum dengan memburu para pelaku KKB di Papua.

"Kemudian upaya peningkatan kesiapsiagaan dan upaya-upaya penegakan hukum juga terus dilakukan dan berjalan. Jadi, seluruh aktivitas yang ada diharapkan menurunkan aktivitas tindakan kekerasan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata," tukasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini