Survei Populi Center: Jokowi-JK Terapkan Pembangunan Indonesia Sentris, 62% Masyarakat Puas

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 02 November 2017 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 02 337 1807048 survei-populi-center-jokowi-jk-terapkan-pembangunan-indonesia-sentris-62-masyarakat-puas-RA0v8urZfb.jpg Rilis survei Populi Center. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Populi Center merilis hasil survei mereka mengenai penilaian masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) selama tiga tahun ini. Hasilnya, mayoritas masyarakat merasa puas terhadap kinerja Jokowi-JK, khususnya dalam bidang pembangunan infrastruktur yang dinilai bercorak "Indonesia Sentris".

Direktur Populi Center Usep S Ahyar mengatakan, pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Jokowi-JK bercorak "Indonesia Sentris", yakni pembangunan tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, melainkan di seluruh Tanah Air.

Menurut Usep, corak pembangunan yang sedang berjalan mulai menunjukkan dampak yang terasa di tengah masyarakat Indonesia. Hal itu terungkap berdasarkan temuan surveinya.

"Hal ini terbukti dari paling banyak masyarakat Indonesia yang setuju dengan kebijakan pembangunan Tol Lintas Sumatera (77.5%), pembangunan rel kereta di Sulawesi (73.6%), dan pembangunan Trans Papua (75.8%). Tiga kebijakan ini adalah kebijakan yang notabene berada di luar Pulau Jawa," ujarnya di Kantor Populi Center di Slipi, Jakarta Barat, Kamis (2/11/2017).

Kebijakan Jokowi-JK yang dirasa paling bermanfaat untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat adalah pembagian sejumlah kartu, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Sejshtera (KIS).

Sebesar 50.7% responden merasa pembagian kartu-kartu ini bermanfaat. Lalu, sebanyak 8.4% responden merasa kebijakan pembangunan tol di Sumatera, Sulawesi dan Jawa tidak bermanfaat untuk masyarakat. Kemudian proyek 35.000 mengawatt listrik dirasa bermanfaat sebesar 7.2%.

Usep menambahkan, sebanyak 62% masyarakat puas dengan kinerja Jokowi-JK selama tiga tahun masa kepemimpinannya. Sementara yang tidak puas sebesar 35.1%.

Berdasarkan kategori wilayah, yang merasa puas dengan kinerja Jokowi adalah 62.3% masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa dan 61.7% adalah masyarakat yang tinggal di luar Pulau Jawa.

"Ini menunjukkan bahwa pembangunan 'Indonesia Sentris' terasa di masyarakat karena perbandingan angka yang merasa puas dan tinggal di Pulau Jawa berimbang dengan yang merasa puas dan tinggal di luar Jawa. Kepuasaan masyarakat menjadi indikator bahwa pembangunan sudah terasa di tengah masyarakat Indonesia," ujarnya.

Survei Populi Center dilakukan pada 19 hingga 26 Oktober 2017 di 34 provinsi Indonesia. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengam 1.200 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 2.8% dan tingkat kepercayaan 95%.

[Baca Juga: Survei IDM, Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK di Bidang Ketertiban dan Keamanan]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini