nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Gugatan 7 Parpol, KPU: Besok Baru Sidang Pendahuluan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Selasa 31 Oktober 2017 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 31 337 1805966 hadapi-gugatan-7-parpol-kpu-besok-baru-sidang-pendahuluan-NyJCiu0Kh7.jpg Ilustrasi. Foto Okezone

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menghadapi gugatan tujuh partai politik yang dinyatakan tidak lolos tahap pendaftaran karena berkasnya tidak lengkap. Gugatan tersebut akan disidangkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ‎RI pada Rabu (1/11/2017) dengan agenda sidang pendahuluan.

"Sidang besok itu kan baru sidang pendahuluan dengan agenda pembacaan putusan pendahuluan yang memutuskan apakah laporan masing-masing parpol itu diteruskan ke pemeriksaan bukti-bukti atau tidak. Kami tentu akan menghadiri sidang tersebut, karena memang diundang," kata Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (31/10/2017).

Kendati demikian, Pramono mengatakan KPU belum akan membawa bukti-bukti yang diperlukan, karena memang agenda sidang besok belum memasuki pemeriksaan bukti-bukti.

Ia mengatakan sampai siang tadi, KPU RI baru menerima salinan undangan sidang pendahuluan. "Tapi kami akan tetap datang. Besok akan kita lihat siapa yang ada di Jakarta," ujar Pramono.

Dia menambahkan, KPU sudah menyiapkan data dan dokumen yang dapat memperkuat argumentasi soal mengapa 13 parpol itu dinyatakan tidak lengkap dalam proses pendaftaran. KPU‎, kata Pramono, siap menindaklanjuti apapun hasil putusan sidang Bawaslu nantinya.

"Ya, tentu (siap menindaklanjuti) karena memang diwajibkan oleh undang-undang," tegas ‎Mantan Ketua Bawaslu Banten ini.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu RI akan menggelar sidang pendahuluan penanganan pelanggaran administrasi tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol peserta Pemilu 2019, besok, dengan agenda pembacaan putusan pendahuluan terhadap tujuh laporan parpol.

‎Tujuh pihak pelapor yang akan menjalani sidang pada Rabu yakni PKPI Hendropriyono (pelapor Hendrawarman ), Partai Idaman (pelapor Ramdansyah ) dan PBB (pelapor Yusril Ihza Mahendra).

‎Selain itu, ada juga Partai Bhinneka Indonesia (pelapor Harinder Singh), PKPI Haris Sudarno ( pelapor Abdul Lukman Hakim), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (pelapor Bakhtiar ) dan Partai Republik ( pelapor Warsono).

Sidang akan dimulai pukul 13.00 WIB dan bertempat di Lantai 4 Gedung Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, parpol-parpol yang mengajukan laporan dugaan pelanggaran administrasi kepada Bawaslu adalah parpol yang tidak diterima pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2019. Dari 27 parpol yang mendaftar, ada 14 parpol yang pendaftarannya diterima dan 13 parpol yang status pendaftarannya tidak diterima oleh KPU.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini