OKEZONE STORY: Lagu 'Indonesia Raya' Pertama Kali Diperdengarkan saat Gelaran Sumpah Pemuda

Hantoro, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 337 1803991 okezone-story-lagu-indonesia-raya-pertama-kali-diperdengarkan-saat-gelaran-sumpah-pemuda-BxBrIyJYdy.jpg Penggambaran WR Supratman memainkan lagu 'Indonesia'. (Foto: Hantoro/Okezone)

KONGRES Pemuda II yang berlangsung di Gedung Pertemuan kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, ternyata menjadi momen pertama kalinya lagu 'Indonesia' karya violin Wage Rudolf Supratman diperdengarkan. Lagu inilah yang nantinya menjadi lagu kebangsaan kita dan berubah menjadi 'Indonesia Raya'.

Momen diperkenalkannya lagu 'Indonesia' terjadi ketika Kongres Pemuda II sedang rehat. WR Supratman meminta izin untuk memperdengarkan karyanya tersebut.

Namun sang ketua kongres, Soegondo Djojopoespito, memintanya untuk tidak menyanyikan liriknya. Alasannya, di dalam lirik tersebut berisi ajakan untuk merdeka dari kungkungan kolonial Belanda, dan bisa mengancam keberlangsungan kongres. Kegiatan itu sendiri memang diintai puluhan intelijen yang bertugas mencegah adanya pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

(Baca: OKEZONE STORY: Jelang Momen 28 Oktober, Kenali Asal Mula Museum Sumpah Pemuda)

"Dan karena ada intelijen ini, ketua kongresnya meminta WR Supratman memperdengarkan saja lagu 'Indonesia', tidak dengan liriknya, setelah melihat teksnya. Ia menilai ini (jika lirik lagu 'Indonesia' dinyanyikan) bisa bahaya banget. Nanti pemuda bisa gagal bersatu. Nah, ini jangan sampai terjadi, karena kerugiannya bisa banyak banget," jelas Bakti Ari, staf informasi Museum Sumpah Pemuda, beberapa waktu lalu.

Di dalam Gedung Pertemuan yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda juga terdapat ruang khusus untuk mengenang WR Supratman beserta alat musik biola kesayangannya dan sejumlah lirik gubahan lagu 'Indonesia Raya'.

"Kemudian ini yang salah satu sering ditanyakan masyarakat (biola WR Supratman). Keadaan biola masih terawat bagus, masih biasa diaminkan," ungkap Bakti Ari.

(Baca: OKEZONE STORY: Jelang Momen 28 Oktober, Mengungkap Ketegangan Kongres Pemuda II yang Diintai Puluhan Intel Belanda)

Kemudian di dinding ruangan terdapat sejarah penciptaan lagu 'Indonesia', termasuk sejumlah aransemen yang ditulis WR Supratman. Jadi ketika mengunjungi lokasi tersebut, masyarakat juga bisa tahu bahwa selain ikrar Sumpah Pemuda, ternyata turut diperdengarkan lagu 'Indonesia' pertama kalinya.

"Maka itu, semua peristiwa Sumpah Pemuda dijadikan sebagai tonggak awal menuju kemerdekaan Indonesia. Dan, apa yang disepakati para pemuda ini disebarluaskan," pungkasnya.

Kemudian ini lagu indonesia. Sejak awal diciptakan sudah tiga bait, sudah tiga stanza. Cuma yang paling terakhir itu yang sekarang dinyanyikan. Ada beberapa penggantian teks.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini