nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei IDM, Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-JK di Bidang Ketertiban dan Keamanan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 00:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 28 337 1803964 survei-idm-masyarakat-puas-dengan-kinerja-jokowi-jk-di-bidang-ketertiban-dan-keamanan-i43xUD3lKA.jpg Presiden Jokowi dan Wapres JK. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei opini masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di tiga tahun masa kepemimpinan. Hasilnya, masyarakat puas terhadap kinerja pemerintah di bidang ketertiban dan keamanan.

"Sebanyak 89,6% masyarakat puas dengan ketertiban dan keamanan di era pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini terbukti dengan dua kali perhelatan pilkada serentak yang berjalan aman dan tertib," kata Direktur Eksekutif IDM Bin Firman Tresnadi dalam keterangan persnya, Jumat 27 Oktober 2017.

Sementara dalam bidang pemberantasan tindak pidana narkotika, pemerintahan Jokowi-JK dinilai telah membuat masyarakat puas. Tingkat kepuasan yang didapatkan IDM sebesar 82,6% berdasarkan temuannya.

"Sebanyak 82,6% masyarakat puas dengan kinerja pemberantasan narkoba dan Penegakan hukum terhadap bandar narkoba dengan hukuman mati, dan sisanya kurang puas," terang Firman.

Prestasi Jokowi-JK tak berhenti sampai di situ. Berdasarkan temuan IDM, masyarakat cukup puas dengan kinerja pemerintah di bidang pencegahan dan pemberantasan terorisme. Tingkat kepuasan yang didapatkan IDM sebesar 89,3%.

"Hampir 89,3% masyarakat puas dengan pencegahan dan pemberantasan terorisme dan gerakan radikalisme. Hal ini dibuktikan dengan keberanian Jokowi-JK mengeluarkan Perppu Ormas, dan sisanya sebanyak 10,7% tidak puas," jelas Firman.

Survei opini masyarakat yang dilakukan IDM melibatkan 2.450 responden dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error -/+ 1.98%. Survei ini dilaksanakan pada 8–18 Oktober 2017.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini