nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kakeknya Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan, Anies: Itu Sudah dari 2012, Kita Tunggu Saja Hasilnya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 19:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 27 337 1803789 kakeknya-diusulkan-dapat-gelar-pahlawan-anies-itu-sudah-dari-2012-kita-tunggu-saja-hasilnya-Arfwt2ArVv.jpg Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mengusulkan 9 orang tokoh Indonesia untuk mendapat gelar pahlawan. Salah satunya adalah Abdurrahman Baswedan, yang merupakan kakek dari Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Menanggapi hal itu, Anies mengatakan, sudah mengetahui kabar tersebut sejak lama. Pasalnya, usulan tersebut sudah berembus sejak 2012.

"Sebenarnya itu istilahnya pending, kalau enggak salah beliau ditetapkan oleh tim pengusul tahun 2012. Kemudian, pada saat itu diputuskan Pahlawan Nasional hanya dua yaitu Soekarno dan Hatta," kata Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).

Ia menambahkan, dirinya tak terlalu berharap kalau sang mendiang kakeknya bakal mendapat gelar pahlawan. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah ihwal penelitian yang sedang dilakukan.

"Sehingga yang sudah menjadi usulan tim tidak diteruskan. Kemudian sekarang dikembalikan. Jadi, enggak perlu lagi di-review karena sudah diusulkan. Kita tunggu saja nanti hasilnya," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, pada Kamis 26 Oktober 2017 telah diusulkan sembilan nama untuk dianugerahi gelar pahlawan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari nama-nama itu, Khofifah menyebut di antaranya ada nama kakek Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Abdurrachman Baswedan atau AR Baswedan.

"Ada juga yang kita masukkan kakeknya Pak Anies Baswedan," ujar Khofifah di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2017.

Khofifah menjelaskan, nama AR Baswedan sudah melalui pengkajian di Tim Pengkaji dan Penilai Gelar Pahlawan (TP2GP) Kemensos dan di Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Tak hanya nama AR Baswedan, kata Khofifah, nama Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid atau Gus Dur juga diusulkan kepada Jokowi hari ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini