nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Segera Nobatkan Laksamana Malahayati Jadi Pahlawan Nasional

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 14:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 26 337 1802830 jokowi-segera-nobatkan-laksamana-malahayati-jadi-pahlawan-nasional-MEitbdCajU.jpg Presiden Joko Widodo (Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tahun ini memberikan gelar pahlawan nasional kepada tiga tokoh pejuang bangsa termasuk Laksamana Malayahati. Penobatan gelar itu akan dilakukan saat memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2017.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan, salah satu sosok yang resmi digelari pahlawan nasional nanti adalah Laksamana Malahayati, pejuang dari Kesultanan Aceh. Malahayati merupakan panglima perang perempuan pertama yang diakui di dunia.

"Sudah (diputuskan nama tokohnya), dari dulu termasuk Malahayati kan sudah lama itu ya dari tahun 1500-an sekian," kata Ryamizard di Kompleks Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).

Selain Laksamana Malahayati, gelar pahlawan nasional juga akan diberikan kepada dua orang tokoh lainnya. Ryamizard enggan mengungkapkan siapa tokoh tersebut. Namun, ia mengatakan, dua tokoh itu berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Riau.

Menurut Ryamizard, Presiden Jokowi sengaja memberikan gelar pahlawan kepada tokoh-tokoh yang ada di beberapa daerah. Sebab, Presiden ingin gelar ini diberikan secara merata kepada seluruh pejuang Indonesia.

"Pak Presiden bilang coba agak dibagi, sekarang kan ada di satu tempat 30-an, ada yang cuma 1-2," pungkas dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini