nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Acara Apresiasi Duta GenRe, Kepala BKKBN: Saya Harap Remaja Bisa Jadi Motivator

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 25 Oktober 2017 09:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 25 337 1801903 buka-acara-apresiasi-duta-genre-kepala-bkkbn-saya-harap-remaja-bisa-jadi-motivator-McUA7DZPCe.jpg Apresiasi GenRe dan Jambore ADUJAK di Padang Panjang

PADANG PANJANG - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka gelaran Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK) tingkat nasional 2017. Acara ini diselenggarakan di kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Selasa (24/10/2017) malam.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, mengaku sangat berbahagia dapat bertemu dengan Duta GenRe dan remaja dari seluruh provinsi di Indonesia. Ia berharap muda-mudi tersebut dapat menjadi motivator program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) garapan BKKBN.

"Saya mengharapkan kalian para remaja dapat menjadi motivator program KKBPK melalui kegiatan remaja di masing-masing daerahnya," kata ‎Surya dalam pidato sambutannya.

(Baca Juga: Gelar Pelayanan MOP di Padang, Kepala BKKBN Tegaskan Vasektomi Bukan Pengebirian)

Surya menuturkan, program KKBPK dilaksanakan guna mendukung poin ketiga, kelima dan kedelapan Nawacita pemerintah, yang secara garis besar mengamanatkan perlunya revolusi mental karakter bangsa.

"Untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan berkarakter, diperlukan adanya suatu gerakan revolusi mental yang dilaksanakan melalui internalisasi nilai-nilai esensial yang di mulai dari individu, keluarga, masyarakat dan institusi," terangnya.

Lebih lanjut, Surya berkata pada 2016 penduduk remaja (usia 10-24 tahun) ‎berjumlah 66,3 juta jiwa dari total penduduk sebesar 258,7 juta. Artinya satu di antara empat penduduk adalah remaja. Jumlah generasi milenial yang cukup besar tersebut merupakan potensi yang memerlukan pengelolaan secara terencana, terstruktur dan sistematis agar dapat bermanfaat menjadi modal pembangunan ke depan.

"Remaja saat ini akan menjadi bagian dari generasi emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-45 tahun. Generasi emas disemai melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga. Karena itu, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting," tutur Surya.

Dia melanjutkan, melalui program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi‎ yang dirasa cukup rawan. Sementara itu untuk remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK), BKKBN akan memberi apresiasi melalui kegiatan pemilihan Duta GenRe di tiap provinsi.

"Tahun ini adalah tahun kedelapan dari pemilihan Duta GenRe. Oleh karena itu saya berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan semakin banyaknya di seluruh kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Semua kompetisi yang akan dilaksanakan pada kegiatan ini agar diikuti dan dilaksanakan dengan sportifitas dan semangat revolusi mental," jelas Surya.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Barat‎ Nasrul Abit, Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Indra Gusnadi, pejabat BKKBN provinsi Sumbar, tokoh agama dan masyarakat, serta stakeholder lainnya. Acara dimulai diawali dengan penampilan orkestra Simfoni ISI Padang Panjang, lalu dilanjutkan penampilan Duta GenRe dari seluruh provinsi di Indonesia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini