Share

Di Parlemen, Kapolri Kembali Paparkan Rincian Anggaran Densus Tipikor

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 24 Oktober 2017 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 24 337 1801623 di-parlemen-kapolri-kembali-paparkan-rincian-anggaran-densus-tipikor-DDkt1FQz5d.jpg Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Ist)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengoreksi masalah anggaran Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Menurutnya, anggaran tersebut memang ada belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal.

Tito mencontohkan bahwa jika belanja pegawai itu mencapai 3.000 orang maka kira-kira akan diperlukan sebanyak Rp700 miliar. Dengan adanya dana sebesar itu maka akan ada tunjangan kinerja (tukin).

"Tukin untuk menyapu lantai yang kotor sapunya harus bersih, kira-kira begitu. Ini kembali kepada kesejahteraan anggota, sehingga kami konsep kami dari Polri agar anggota ini diberikan tukin yang sama dengan KPK, kira-kira begitu sehingga ketemu angka Rp700 miliar," kata Tito di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Kemudian, kata Tito, untuk belanja barang mencapai angka Rp300 miliar, untuk kepentingan penyelidikan, penyidikan. Tujuannya adalah agar tak ada penyimpangan ketika kekurangan anggaran.

"Lengkapi mereka dengan anggaran yang cukup," ucap dia.

Kemudian, Tito menjelaskan sebanyak Rp1,5 triliun untuk keperluan belanja modal, seperti pembentukan satuan tugas (satgas) di wilayah Indonesia beserta gedungnya. Namun, kata dia, hal itu juga dilakukan bertahap hingga tahun 2020.

"Jadi, sebetulnya anggaran itu sendiri kalau memang mau dibentuk urgent itu yang paling penting adalah gaji, gaji kan tak bisa ditunda. Sama biaya operasionalnya harus cukup yang kira-kira kalau kami lihat Rp1 triliun. Untuk gajinya Rp700an miliar, kemudian kegiatan operasionalnya lebih kurang Rp300 miliar. Itu yang diperlukan urgent," katanya.

Lebih dalam, sambung Tito, bahwa anggaran-anggaran itu sudah masuk ke dalam anggaran Polri. Dia juga menyampaikan bahwa pembentukan Densus Tipikor adalah semangat untuk memberantas korupsi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini