nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Matangkan Pembentukan Densus Tipikor, Jokowi-JK Gelar Rapat di Istana

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 24 Oktober 2017 10:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 24 337 1801193 matangkan-pembentukan-densus-tipikor-jokowi-jk-gelar-rapat-di-istana-E6EYKjX0HM.jpg Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk merapatkan pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Dalam agenda Wakil Presiden yang diterima Okezone, rapat tersebut dilangsungkan pukul 10.30 WIB di Istana Kepresidenan.

Mengenai rapat tersebut, JK enggan membeberkan sikap yang akan ia kemukakan di depan Jokowi.

"Tunggu saja hasilnya itu. Namanya rapat ada yang disetujui, atau menolak. Bukan saya (yang menentukan)," kata JK di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

(Baca Juga: JK Tolak Densus Tipikor, Istana: Itu Pendapat Pribadi)

Sebelumnya, mengenai pembentukan Densus Tipikor yang masih menuai pro-kontra ini, JK menyatakan berada di pihak yang menolak. Sebab menurutnya, upaya pemberantasan korupsi cukup difokuskan ke KPK saja.

"Itu difokuskan dulu lah di KPK itu, dan KPK dibantu, dan sambil bekerja secara baik. Polisi juga, banyak juga banyak menangani masalah korupsi itu di internal polisi," kata JK di kantornya, Selasa 17 Oktober 2017.

JK menjelaskan, jika jajaran Polri hingga tingkat Polres dan Polsek menangani kasus korupsi, akan merebak ketakutan diantara pejabat daerah dalam mengambil keputusan sehingga menghambat pembangunan.

"Kalau nanti di seluruh Indonesia sampai Kapolres, Kapolsek bisa menimbulkan ketakutan juga, bahaya juga kalau semua pejabat takut ya. Sulitnya walaupun dia tidak korup, takut juga dia mengambil keputusan," ujar dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini