OKEZONE FILES: Orangtua Bacakan Hamdalah untuk Anaknya yang Bersin, Sudah Benarkah?

Hantoro, Okezone · Jum'at 20 Oktober 2017 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 337 1798800 okezone-files-orangtua-bacakan-hamdalah-untuk-anaknya-yang-bersin-sudah-benarkah-yy8uz3qaez.jpg Ilustrasi anak bersin. (Foto: Ist)

TERDAPAT kebiasaan para orangtua jika mengetahui anaknya bersin lalu mengucapkan hamdalah (alhamdulillah) untuk buah hatinya tersebut. Maksudnya adalah mewakilkan sang putra/putri yang belum mengetahui amalan ketika bersin atau memang belum bisa bicara karena masih bayi. Berikut ini Okezone paparkan secara singkat hukumnya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/10/2017).

(Baca: OKEZONE FILES: Baca Doa Ini Setelah Berwudu, Akan Dibukakan 8 Pintu Surga & Namanya Kuat Tertulis hingga Kiamat)

Dalam sebuah hadis, dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتُوهُ، وَإِنْ لَمْ يَحْمَدِ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ فَلَا تُشَمِّتُوهُ

"Apabila ada di antara kalian bersin dan dia memuji Allah (membaca hamdalah) maka doakan dia. Dan jika dia tidak membaca hamdalah, maka jangan doakan dia," (HR Ahmad 19696 dan Muslim 2992). Hal yang dimaksud mendoakan di sini adalah mengucapkan "Yarhamukallah".

Lalu jika ada anak kecil bersin dan tidak mengucapkan hamdalah, sebaiknya diajarkan agar mulai saat itu bisa melakukannya. Misalnya ditanya, "Kalau bersin membaca apa?" Setelah dia menjawab, "Alhamdulillah", selanjutnya orangtuanya atau siapa pun di dekatnya bisa mendoakan, "Yarhamukallah."

(Baca: OKEZONE FILES: Tidak Boleh Memeluk Lutut ketika Menyimak Khutbah Jumat, Simak Kisahnya)

Sementara jika yang bersin anak kecil yang belum bisa diajari, misalnya masih bayi, apakah bisa diwakili orangtua atau walinya?

Dalam Adab Syar’iyah Ibnu Muflih dinyatakan:

وإن كان طفلا حمِدَ اللهَ وَلِـيُّه أو مَن حَضَره وقيل له: نحو ذلك

"Jika dia bayi, maka yang membaca hamdalah adalah walinya atau orang yang ada di tempat, lalu didoakan seperti itu (yarhamukallah)," (Al Adab as Syar’iyah, 2/343).

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini