Share

Mantap! Jokowi Naikkan 25% Tunjangan Veteran Perang

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 19 Oktober 2017 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 337 1798533 mantap-jokowi-naikkan-25-tunjangan-untuk-veteran-perang-R5lPuqQtrp.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Perhatian pemerintah tidak akan pernah luput dari perjuangan para veteran yang telah membawa Indonesia merdeka. Sehingga, Presiden Jokowi berjanji akan menaikkan tunjangan kepada veteran sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya.

"Dan pada tahun 2014 lalu tunjangan veteran telah dinaikkan 16 persen. Tadi pagi saya sudah rapat dengan Menkeu mulai Januari 2018 tunjangan veteran akan kami naikkan sebesar 25 persen. Saya ulang, mulai Januari 2018 akan kami naikkan 25 persen," kata Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan veteran ‎saat menutup Kongres XI Legiun Veteran RI 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Jokowi mengucapkan rasa terima kasihnya ‎kepada jasa-jasa veteran yang ada di seluruh Indonesia. Baginya, penghargaan yang telah diberikan pemerintah selama ini sangatlah kecil dibandingkan dengan kontribusi para pejuang bangsa Indonesia.

"Selain itu juga renovasi rumah veteran yang sudah dimulai oleh kementerian kami BUMN dan kami sudah dapatkan laporan ini. Saya perintahkan untuk dilanjutkan. Yang telah direnovasi 765 rumah dan yang masih proses 585 (rumah). Kami tetap memberikan ruang dan kesempatan untuk kementerian lain," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan Kementrian BUMN dan Kementerian PUPR akan menambah sebanyak 400 rumah veteran yang akan direnovasi dalam waktu dekat.

"‎Saya kira dua-duanya (akan) berjalan akan sangat cepat dan itu akan secepatnya akan kita mulai," ungkapnya.

Ia melanjutkan, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terdiri dari 17 ribu pulau dan 714 suku bukanlah pekerjaan mudah. Dari sejarah bangsa Indonesia diketahui kunci mempersatukan NKRI adalah ideologi Pancasila.

"‎Kuncinya apa, meningkatkan semangat kebangsaan, jiwa patriotisme kita, semangat bela negara kita, semangat perjuangan kita yang telah diwariskan oleh para pejuang, para veteran," imbuhnya.

Jokowi berharap, para veteran dapat terus bergandengan tangan bersama pemerintah guna memperkuat karakter bangsa dan membangun jiwa patriotik guna meningkatkan semangat juang dalam Bela Negara.

"Sekali lagi kehadiran veteran sangat diperlukan untuk memberikan dorongan moral untuk generasi penerus, wariskan nilai-nilai kejuangan, semangat juang dan semangat nilai juang 45," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini