nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! KPU Siap Hadapi Laporan Partai Idaman ke Bawaslu

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 14:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 19 337 1798519 mantap-kpu-siap-hadapi-laporan-partai-idaman-ke-bawaslu-kZ85o3aDdY.jpg Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Idaman dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) tak lolos dalam proses pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2019. Partai besutan Raja dangdut Rhoma Irama itu berencana melaporkan KPU ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait penolakan tersebut.

Menanggapi hal itu, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting mengatakan, pihaknya tak mengambil pusing soal laporan tersebut. Sebab, kata dia, KPU telah mengambil keputusan berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Tentu saja KPU mempersiapkan diri apa yang akan kita hadapi ke depan," ujarnya di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

Ia menerangkan, pihaknya mempersilakan bagi parpol yang keberatan dengan keputusan KPU soal penolakan pendaftaran untuk mengajukan laporan. Sebab, itu sudah diizinkan di dalam undang-undang.

"Tentu ada sarana yang dipersiapkan oleh undang-undang," imbuhnya.

Ia meyakini, pihaknya tak keliru dalam menentukan parpol yang tidak diterima pendaftarannya. Karena dalam pemeriksaannya melibatkan kader-kader partai yang bersangkutan.

"Tentu kita kaitannya itu kita respon sesuai dengan apa yang akan kita hadapi," tegasnya.

Seperti diketahui, Sekjen Partai Idaman, Ramdansyah mengatakan pihaknya bakal mengajukan laporan ke Bawaslu lantaran ditolaknya berkas pendaftaran partainya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hari ini kita mau gugatan di Bawaslu. Jadi kita sudah siapin kuasa hukum kita, yang di MK (Mahkamah Konstitusi kemarin. Kemudian kita juga lagi mengundang koalisi partai lain, ya melakukan gugatan bersama. Terkait dengan Sipol (sistem informasi partai politik) ," ujar Ramdansyah, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (19/10/2017).

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini