nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahyudin Sebut MPR seperti Macan Ompong

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 19 Oktober 2017 13:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 19 337 1798477 mahyudin-sebut-mpr-seperti-macan-ompong-aIeak8XSjV.jpg Wakil Ketua MPR RI Mahyudin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Mahyudin menyatakan setuju dengan amandemen UUD 1945. Terlebih amandemen tersebut ditujukan untuk mengembalikan kewenangan MPR sebagai pemegang mandat tertinggi.

"Saya aliran yang setuju dengan MPR yang kembali dikuatkan," kata Mahyudin dalam sambutannya di acara Seminar Nasional "Revitalisasi Ideologi Pancasila Sebagai Landasan Perjuangan Partai Golkar" di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

Menurut Mahyudin, MPR merupakan representasi dari seluruh rakyat Indonesia. Baik itu dari kalangan mayoritas atau pun minoritas. Namun, dengan sistem politik seperti sekarang, khususnya pemilu secara terbuka, menurut dia banyak kelompok-kelompok yang tidak bisa terwakili dalam musyawarah untuk mencapai mufakat.

Kelompok minoritas, sambungnya, sudah pasti tak bisa masuk ke dalam lembaga perwakilan rakyat. Padahal, di negeri ini ada tiga lembaga perwakilan yaitu DPR, DPD, dan MPR sendiri. Karenanya, politisi Golkar ini menilai sistem negara saat ini kurang efisien.

"Saya rasa tidak efisien. Karena ada lembaga MPR yang sebenarnya tidak memiliki kewenangan mengeluarkan ketetapan. Jadi, MPR itu seperti macan, tapi macannya sudah ompong. Tidak memiliki kekuasaan atas nama rakyat Indonesia," pungkas Mahyudin.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini