nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKB: Sipol Mendisiplinkan Partai dan Kader untuk Menjadi Organisasi Politik yang Kuat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 13:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 16 337 1796276 pkb-sipol-mendisiplinkan-partai-dan-kader-untuk-menjadi-organisasi-politik-yang-kuat-DlbfXsUpjL.jpg PKB daftar ke KPU. Foto Okezone/Fadel Prayoga

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendaftar sebagai calon partai politik peserta Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Senin (16/10/2017). Sejumlah elite partai terlihat datang mewakili partai besutan K. H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur tersebut.

Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding mengatakan pihaknya telah menyelesaikan kelengkapan dokumen dari tinggkat kecamatan hingga ke provinsi. Pihaknya berharap KPU juga memeriksanya dengan benar dan teliti.

"Kita sudah sampaikan ke teman-teman KPU, dan kita berharap mereka verifikasi dengan baik," ujarnya di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Simak Juga: Meriah, Atraksi Barongsai dan Paskibra Iringi PKB Daftar Jadi Peserta Pemilu 2019 ke KPU

Menurutnya, penerapan pendaftaran partai dengan sistem informasi partai politik (Sipol) sudah amat baik. Sebab, kata dia, itu dapat mengukur kekuatan parpol, apakah mereka sudah kuat secara organisasi atau tidak.

"Sipol secara subtansial sangat baik, untuk mendisiplinkan partai dan kader agar memiliki syarat minimal untuk menjadi organisasi politik yang kuat," imbuhnya.

Simak Juga: Luar Biasa! Berkas Perindo Sumsel 100% Diterima KPU

Ia mengaku dalam pengisian sipol itu sendiri menemukan kesulitan tersendiri. Ia mencontohkan, terkadang ketersediaan database yang dimiliki PKB dan KPU tidak selaras.

"Di PKB punya sistem database sendiri, kolom atau itemnya tidak kompatibel dengan Sipol KPU, sehingga secara teknis perlu energi lebih untuk menyesuaikan. Di sini kesulitan kita," tukasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini