Sambangi Bareskrim, Pelapor Eggi Sudjana Ubah Pasal Jadi Penodaan Agama

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 12 Oktober 2017 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 12 337 1794125 sambangi-bareskrim-pelapor-eggi-sudjana-ubah-pasal-jadi-penodaan-agama-m0QTanOLhY.jpg Ketua DPN Peradah Suresh Kumar (Foto: Puteranegara)

JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu (DPN Peradah) Indonesia yang melaporkan pengacara kondang Eggi Sudjana kembali datangi Gedung Bareskrim, Gambir, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

Ketua DPN Peradah, Suresh Kumar menjelaskan, kedatangannya untuk mengubah pasal laporan terhadap Eggi Sudjana. Sebelumnya, dia melaporkan Eggi dengan Pasal 45 Ayat (2) dan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kini, kata Suresh, pihaknya akan menggunakan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penodaan Agama terhadap pernyataan Eggi.

"Jadi (ubah pasal), karena kami mau ubah ke 156a (penodaan agama) makanya di sini. Kalau ITE di cyber," kata Suresh di Bareskrim.

Menurut dia, setelah bertemu dengan penyidik, perubahan pasal itu disetujui dan diterima oleh kepolisian. Sebelumnya, pelaporan DPN Peradah sendiri telah diterima oleh pihak kepolisian dengan nomor laporan polisi LP/1016/X/2016/Bareskrim.

Suresh menuturkan, pelaporannya dengan Pasal 156a telah diterima, dan dia berharap polisi akan segera dipanggil sebagai saksi pelapor.

"Laporan kami sudah sampai sini. Di Direktorat Tindak Pidana Umum, nah sedang berproses satu dua hari ini sudah. Ya kamu berharap satu dua hari ini bisa diperiksa," ujarnya.

Sebelumnya, pelaporan terhadap Eggi berawal dari pernyataan dia saat sidang gugatan uji materi terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Organisasi Kemasyarakatan di Mahkamah Konstitusi yang dinilai tidak pantas dan akan memicu kegaduhan sosial. Komentar itu ramai diperbincangkan di media sosial.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini