nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemalsuan E-KTP di Manado, Mendagri Pastikan Pecat PNS yang Terlibat

Reni Lestari, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 10:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 11 337 1793098 pemalsuan-e-ktp-di-manado-mendagri-pastikan-pecat-pns-yang-terlibat-ExPczMTo1Q.jpg Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan akan memecat PNS yang terlibat dalam pemalsuan KTP berbasis elektronik (e-KTP) di Manado. Hal tersebut karena berkaitan dengan data kependudukan yang bersifat rahasia.

"Pecat. Kami akan membuat rekomendasi, apalagi ini menyangkut e-KTP, kerahasiaan data penduduk," kata Tjaho di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Sebelumnya diketahui, Polresta Manado menangkap lima orang yang diduga menjalankan praktik pemalsuan e-KTP, Selasa 10 Oktober 2017. Lima orang tersebut diduga beroperasi dengan bantuan PNS di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado untuk mendapatkan blangko. Dugaan keterlibatan PNS tersebut masih dalam penyelidikan polisi.

Baca juga: Polisi Ringkus Sindikat Pemalsu Dokumen, Satu di Antaranya Aparat Pemkot Manado

Tjahjo mengatakan, pihaknya juga akan mengevaluasi dimana letak kebocoran dalam praktik pemalsuan ini. "Sampai ada kelalaian, apakah ini melibatkan Dukcapil daerah atau memang murni ada pihak ketiga yang memanfaatkan. Apa pun pemerintah bertanggung jawab atas setiap data penduduk Indonesia," ujar dia.

Pemerintah diketahui tengah menggenjot perekaman data dan pencetakan e-KTP. Ditargetkan hingga akhir 2017, seluruh penduduk Indonesia sudah merekam data sehingga dapat digunakan untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini