nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Pohon-pohon Raksasa di Dunia, Nomor Dua Ada di Indonesia

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 08:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 10 337 1792815 ini-dia-pohon-pohon-raksasa-di-dunia-nomor-dua-ada-di-indonesia-KQ39UHBZRE.jpg

JAKARTA - Sejatinya pohon selalu memberikan dampak positif bagi kelangsungan hidup manusia. Di beberapa belahan dunia, pohon tidak hanya berfungsi sebagai penyumbang oksigen manusia. Akan tetapi, keberadaannya yang unik sering kali dijadikan ikon dan memberi dampak positif bagi sektor wisata sebuah negara.

Di beberapa negara ini misalnya, dimana pohon-pohon berukuran raksasa yang menjadi ikon wisata bagi sebuah negara.

1. Spanyol

El Arbol del Tule adalah bahasa Spanyol untuk The Tree of Tule gaes, pohon cemara yang letaknya di pusat kota Santa Maria del Tule, negara bagian Meksiko, Oaxaca. Uniknya, nama kota tersebut didapatkan karena adanya pohon terbesar di Meksiko ini.

Diperkirakan usianya sudah mencapai 1.400 tahun dan berdiameter 11,62 meter, pohon Arbol del Tule ini adalah salah satu pohon dengan volume terbesar di dunia yaitu 750 meter kubik dan juga merupakan salah satu pohon tertua di dunia.

2. Indonesia

Pohon ulin (Eusideroxylon Zwageri) salah satu pohon besar di dunia yang berada di Sangkima, menjadi ikon Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Pohon berdiameter 2,47 meter itu diperkirakan telah berusia lebih dari seribu tahun.

Pohon raksasa ini berdiri kokoh setinggi 30 meter. Untuk mencapai lokasi pohon ini dapat dilakukan dari Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sangata, Kutai Timur. Lalu dilanjutkan jalan kaki sejauh 800 meter memasuki hutan hujan tropis setempat dengan pengawalan petugas TNK.

Status pohon ini sebagai salah satu pohon terbesar di dunia ditemukan oleh Watanabe, seorang peneliti flora asal Jepang, pada tahun 1993. Pohon ini hanya ada di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

3. Amerika Serikat

Pohon dengan volume 1.203 meter kubik ini adalah jenis Coast Redwood yang ada di California Utara gaes. Diameter dari pohon ini adalah sekitar 26 kaki atau 7,9 meter dan juga memiliki tinggi 98 meter. Tidak heran jika kemudian pohon ini juga mendapatkan gelar sebagai pohon Coast Redwood terbesar di dunia.

4. Australia

Pohon yang juga dikenal dengan nama Giant Ash, Mountain Ash, dan Victorian Ash ini adalah spesies Eucalyptus yang asli dari Australia Tenggara dan banyak ditemukan di daerah Tasmania dan Victoria. Menurut sejarah, pohon ini tercatat memiliki ketinggian lebih dari 114 meter sehingga membuatnya menjadi pohon tertinggi di dunia. Volume pohon ini adalah 391 meter kubik.

5. Selandia Baru

Dengan volume 516 meter kubik, Tane Mahuta adalah pohon terbesar di dunia urutan nomor 4. Pohon ini adalah jenis kauri raksasa atau Agathis Australis yang ada di Waipoua Forest, Selandia Baru.

Tidak hanya dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia urutan ke 4, pohon ini juga dinobatkan sebagai salah satu pohon tertua di dunia dengan umur antara 1250 sampai 2500 tahun. Dalam bahasa Māori, nama pohon ini berarti Lord of the Forest (penguasa hutan) yang diambil dari jajaran dewa yang dipercaya oleh masyarakat Maori.

(ydp)⁠⁠⁠⁠

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini