nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berita-berita Hoax yang Sempat Ramai di Indonesia, Nomer Satu Hoax Iron Man Bali

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 06:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 06 337 1790379 berita-berita-hoax-yang-sempat-ramai-di-indonesia-nomer-satu-hoax-iron-man-bali-FTLYVyEet4.jpg Iron Man Bali yang sempat membuat kaget termasuk para pakar robot tanah air (Foto: IST)

JAKARTA - Penyebaran informasi hoax di Indonesia seperti tidak pernah habis. Entah apa maksud dan tujuannya, yang jelas kebohongan apa pun yang merugikan dan membuat resah jelas tidak dibenarkan.

Akan tetapi anehnya, banyak dari masyarakat yang justru menelan berita bohong itu bulat-bulat. Berikut beberapa informasi hoax yang sempat ramai di Indonesia yang dihimpun Okezone dari berbagai sumber:

1. Iron Man Bali

Seorang pria asal Bali berusia 31 tahun bernama I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan dijuluki sebagai manusia robot. Julukan itu dia peroleh karena kemampuannya dalam merancang robot. Hebatnya, robot ciptaannya mampu menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh karena stroke. Dengan menggunakan perangkat electronik rongsokan, dia berhasil menciptakan robot yang digerakan melalui sensor otak dengan sistem EEG electroencephalography.

Namun setelah diteliti semua itu Hoax karena banyak kejanggalan yang ditemui misalnya robot tersebut tidak bisa dipakai orang lain, malah sempat didatangi oleh ahli sistem saraf otak yang ternyata setelah melihat langsung “elektroda” yang ditempatkan di kepala dan “tangan robot”, bisa pastikan keseluruhannya hanyalah hoax semata. Dan yang terakhir ketika akan di uji dikatakan bahwa robot tersebut sudah rusak.

2. Gerakan Rush Money

Rush Money kerupakan sebuah kejadian dimana masyarakat secara besar-besaran akan menarik uang tunai di bank secara serentak dan dalam skala yang besar. Oleh karena itu bank dapat kehabisan dana tunai yang mengakibatkan sistem perbankan menjadi kacau.

Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap informasi gerakan penarikan uang secara besar-besaran atau rush money. Isu itu tersebar melalui media sosial.

Gerakan rush money berkembang bersamaan dengan rencana aksi demonstrasi jilid III terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tito mengatakan, informasi mengenai rush money merupakan kebohongan. Sebab, informasi tersebut berasal dari sumber-sumber yang tak jelas. Selain itu, fakta yang dipaparkan dalam informasi itu juga tak tepat.

3. Blue Energy

Kabar Blue Energy yaitu hoax pengubahan air menjadi bensin pada 2008 sempat ramai di pemberitaan. Bahan bakar non fosil yang berasal dari air laut itu ditemukan oleh seorang pria asal Nganjuk bernama Joko Suprapto. Sama seperti PLTH, Blue energy ini juga mampu menipu pejabat Negara bahkan seorang Presiden.

Hingga Presiden memerintahkan membentuk tim untuk pengembangan blue energy, bahkan sudah memberi nama atas temuan itu sebagai “Minyak Indonesia Bersatu”. Blue energy bahkan lebih hebat karena Presiden kala itu SBY mengumumkan kepada dunia mengenai proyek energi baru berbahan baku air tersebut. Saat konferensi internasional Global Warming di Bali, akhir 2007, Minyak Indonesia Bersatu turut dipamerkan.

Namun saat akan mulai diproduksi menjelang peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2008 Joko Suprapto sang penemu justru menghilang. Temuan itu mendapat kecaman, terutama dari Universitas Gadjah Mada, karena dianggap bohong. UGM mengungkapkan, mereka sempat diminta membiayai proyek energi alternatif oleh kelompok Joko Suprapto dan kawan-kawan, senilai Rp 3 miliar.

Namun, setelah melakukan beberapa pertemuan dan menelusuri latar belakang kelompok ini, UGM menyimpulkan proyek yang ditawarkan itu merupakan upaya penipuan. Dan pada akhirnya joko juga ditangkap oleh pihak berwajib, dan dipernjara selama 3,5 tahun.

4. Serbuan Tenaga Kerja China ke Indonesia

Media sosial tiba-tiba dihebohkan dengan penyebaran berita yang menyebutkan Indonesia kedatangan tenaga kerja asing asal China. Jumlah yang disebutkan tidak tanggung-tanggung, yakni 10 juta orang. Ada juga yang menghembus kabar mencapai 20 juta tenaga kerja China.

Presiden Joko Widodo langsung membantah isu yang meresahkan masyarakat ini. Menurutnya, jumlah TKA asal China sekitar 21.000. Jumlah ini disebut jauh lebih kecil dibandingkan jumlah TKI di Hong Kong yang mencapai 153 ribu orang.

Presiden juga menilai isu yang beredar soal TKA ke Indonesia tidak logis sebab upah bekerja di sini rata-rata masih Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta, sedikit lebih rendah dibandingkan di China yang bisa diupah hingga di atas Rp 5 juta.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH)

Di indonesia sempat tersebar berita tentang seorang yang berprofesi sebagai tukang service dinamo asal malang yang bernama Mbah Embing bisa menciptakan sebuah generator unik yang bernama Pembangkit Listrik Tenaga Hampah (PLTH).

Pembangkit listrik ciptaannya tersebut bisa menghasilkan listrik tanpa menggunakan energi apapun, dan hanya butuh kehampaan.

Bukan hanya orang-orang biasa saja, bahkan pihak Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat percaya dan memesan generator buatan mbah embing tersebut.

Tapi sayangnya, sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akhirnya jatuh juga.

Pihak PLTH akhirnya bisa membongkar kebohongan dari mbah embling tersebut. Ternyata mbah embing menggunakan trik dengan menyambungkan aliran listrik melalui bawah tanah ke generator tersebut.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini