nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batal Didukung Gerindra di Pilgub Jatim, Ini Kesempatan Demokrat 'Melamar' Khofifah

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 337 1790070 batal-didukung-gerindra-di-pilgub-jatim-ini-kesempatan-demokrat-melamar-khofifah-v7gCr8S5XB.jpg Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Gerindra mulai merubah sikap ikhwal dukungannya terhadap Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Ada beberapa hal yang menjadikan Gerindra putar haluan untuk mengusung perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU itu.

"Gerindra akan sangat rugi kalau mengusung tokoh seperti Khofifah yang loyalis Joko Widodo," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade menyatakan, masih terus mengkaji berbagai kemungkinan yang ada pada dinamika Pilgub Jatim, termasuk menghitung ulang dukungan untuk Khofifah. "Nama calon belum diputuskan, otomatis nama Khofifah masih ada," ungkapnya.

Posisi Khofifah saat ini berpeluang untuk diusung Demorkrat, mengingat elektabilitas perempuan asal Surabaya, Jawa Timur, itu hampir menyamai rivalnya yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Sepertinya kalau Khofifah firm maju dari Demokrat, firm maju untuk Pilgub Jatim, sepertinya Demokrat akan punya kekuatan, apalagi kan Khofifah soal elektabilitas hampir sama dengan Gus Ipul," ujar Pengamat Politic dari Political Literacy, Adi Prayitno, Sabtu (7/10/2017).

Sebelumnya, Khofifah menyatakan telah bersiap untuk maju pada Pilgub Jatim. Bahkan, ia telah mengambil formulir pendaftaran pencalonan lewat Partai Demokrat.

"Ketika Khofifah siap maju dan tidak memiliki kendaraan partai, maka disitulah sebenarnya Demokrat memiliki kesempatan untuk membajak Khofifah, sebagai partai pertama yang mengusung untuk maju dalam Pilgub Jatim. Kalau ke Gus Ipul agak tidak nyaman karena sudah didahului PKB," pungkasnya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini