nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilgub Jatim 2018, Demokrat Dinilai Jatuh Hati dengan Khofifah

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 06:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 05 337 1789674 pilgub-jatim-2018-demokrat-dinilai-jatuh-hati-dengan-khofifah-ifeybs1ppG.jpg Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa dirinya sudah mengambil formulir pendaftaran DPD Partai Demokrat Jawa Timur sebagai bakal calon gubernur. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk terus membangun silaturahmi dengan partai politik.

Khofifah mengatakan, pada waktu mendaftar ke Demokrat memang proses pengambilannya formulirnya diwakili oleh tim karena dilakukan di daerah.

"Kemarin itu sudah pendaftaran kedua kali. Kemudian, sudah hari terakhir dan ternyata memang administrasi pangkalnya harus di daerah. Maka saya meminta teman mengambilkam form-nya," katanya Khofifah usai menggelar doa bersama di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Adi Prayitno melihat bahwa sebetulnya Demokrat menaruh perhatian lebih ke Khofifah daripada rivalnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Nah di antara dua kandidat ini (Gus Ipul dan Khofifah), sepertinya Demokrat sedang memilah kira-kira yang berpotensi menang itu di mana posisinya. Sejauh ini kan, Demokrat seolah-olah 50;50, kalau aku melihatnya Demokrat lebih ke Khofifah," ujarnya kepada Okezone, Jumat (6/10/2017).

Dikatakan Adi, meski elektabilitas pesaingnya tinggi, kemungkinan Demokrat mengusung Gus Ipul sangat kecil. Hal itu dikarenakan PKB sudah lebih dahulu melamar Gus Ipul untuk maju dalam kontestasi politik Jatim 2018.

"Cuma problemnya ke Gus Ipul, dia sudah kadung diendors oleh PKB duluan. Sepertinya Demokrat agak sedikit enggan, karena ada partai yang mendahului Gus Ipul. Apalagi kan dia statusnya sebagai pemenang dua periode di Jatim. Sebab itulah, dia lebih melihat Khofifah," terangnya.

Adi melihat Demokrat bakal punya kekuatan jika nantinya resmi mengusung Khofifah.

"Sepertinya kalau Khofifah firm maju dari Demokrat, firm maju untuk Pilgub Jatim, sepertinya demokrat akan punya kekuatan, apalagi kan Khofifah soal elektabilitas hampir sama dengan Gus Ipul," pungkasnya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini