7 Calon Komisioner Komnas HAM Lolos Seleksi DPR, Siapa Saja?

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 03 Oktober 2017 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 03 337 1788141 7-calon-komisioner-komnas-ham-lolos-seleksi-dpr-siapa-saja-y3CqKqrobv.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Komisi Hukum DPR memilih tujuh calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dari sebelumnya berjumlah 14 calon. Ketujuh calon tersebut dipilih melalui uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan pada Rabu 27 September hingga Selasa 3 Oktober 2017.

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan tujuh nama calon komisioner Komnas HAM yang dipilih tersebut memiliki beberapa catatan dari beberapa partai politik, salah satunya PKS.

"Dari tujuh orang ada catatan. Catatan dari PKS ada dua orang. Orang tersebut bukan bagian yang disetujui PKS, tapi PKS menghormati musyawarah mufakat," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2017).

PKS, kata Desmond, awalnya mengusulkan calon Komisioner Komnas HAM hanya lima orang. Namun, semua fraksi yang menghadiri rapat menilai jumlah calon pimpinan Komnas HAM yang dipilih sebanyak 7 orang. Opsi tersebut pun disepakati secara musyawarah.

"Ini yang paling ideal. Ada usulan lima. Tapi kalau lima dengan kondisi darurat seperti ini juga terlalu ramping," terang politikus Gerindra itu.

Desmond melanjutkan, tujuh orang tersebut sudah memenuhi standar untuk menangani persoalan HAM yang cenderung tidak efektif selama ini. Dia mencontohkan Aksi Kamisan yang digelar tiap pekan setiap hari Kamis di depan Istana Negara.

"Dari hasil elaborasi kami, kelihatan ada yang punya kapasitas dan tidak mempunyai kapasitas. Berdasarkan kapasitas-kapasitas itulah kami nilai orang ini layak," tukasnya.

Berikut nama 7 calon Komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 yang telah disepakati:

1. Mohammad Choirul Anam (Advokat)

2. Beka Ulung Hapsara (Pegiat LSM)

3. Ahmad Taufan Damanik (Mantan Komisioner ACWC)

4. Munafrizal Manan (Akademisi)

5. Sandrayati Moniaga (Petahana Komnas HAM)

6. Hairansyah (Akademisi)

7. Amiruddin Al Rahab (Pegiat LSM).

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini