nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Permudah Masyarakat Akses Informasi Penyelenggaraan Pemilu, Bawaslu Luncurkan Program Pojok Pengawasan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 02 337 1786929 permudah-masyarakat-akses-informasi-penyelenggaraan-pemilu-bawaslu-luncurkan-program-pojok-pengawasan-NCS2iES6x9.jpg Bawaslu luncurkan program Pojok Pengawasan (Foto: Fadel/Okezone)

JAKARTA - Menjelang Pilkada serentak Juni 2018 dan Pilpres serta Pileg pada 2019, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meresmikan sebuah program yang bernama ‘Pojok Pengawasan’ di lobi Gedung Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017).

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan, pihaknya berharap pojok pengawasan ini dapat menjadi akses masyarakat untuk mendapat informasi ihwal penyelenggaraan Pemilu nanti. Kata dia, proses pemasukan data akan dimulai dari manual hingga ke elektronik.

"Kami akan proses dari manual jadi elektronik. Ini dalam rangka publik dapat akses seluasnya," ujarnya di lokasi.

Ia menerangkan, program ini tak hanya diberlakukan di pusat saja, melainkan bakal tersebar ke seluruh Bawaslu yang ada di Tanah Air. Hal itu untuk meminimalisasi kecurangan saat berlangsungnya pesta demokrasi tersebut.

"Ini tidak hanya di Bawaslu RI, di 34 provinsi udah kami instruksikan. Dan juga nanti di tempat publik. Intinya kami membuka diri terkait apa yang sudah kami perbuat. Mudah-mudahan pojok pengawasan ini menjadi perubahan," ujarnya.

Pihaknya memiliki tugas yang berat, yaitu mengawal Pilkada serentak 2018. Pasalnya, di sana ada 17 provinsi yang akan berganti gubernur. Setelah itu, pihaknya langsung mempersiapkan untuk sebuah kompetisi yang lebih besar, yakni Pilpres dan Pileg yang digelar pada hari yang sama.

"Tentu kami mohon semua pihak untuk selalu bersinergi dengan kami," ujarnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini