Kok Sudah Hujan di Akhir September? Ini Jawabannya

Rayful Mudassir, Okezone · Kamis 28 September 2017 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 337 1784850 kok-sudah-hujan-di-akhir-september-ini-jawabannya-hdHixN4G4k.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hujan intensitas tinggi mulai terjadi di wilayah Indonesia beberapa hari terakhir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat menyebut hujan sepekan ini menandakan transisi musim dari panas sebelum masuk ke penghujan.

Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Djatmiko mengatakan selama akhir September ini, cuaca terus berubah antara hujan dan panas. Masa perubahan cuaca ini diprediksi akan berlangsung sebelum hingga awal Oktober mendatang.

“Perubahan cuaca dari kemarau ke hujan pasti ada tanda-tandanya. Misalnya hujan di tengah malam, kemudian berhenti, kemudian hujan di siang hari terus berhenti lagi. Ini awal transisi cuaca,” kata Hary dalam Diskusi Redbons ‘Selamat Datang Musim Hujan’ di Kantor Redaksi Okezone, Gedung MNC News Center Lantai 12, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Hary mengatakan pembentukan awan hujan dari wilayah barat Indonesia sudah terjadi. Meski selama akhir September hujan mulai terasa, namun intensitasnya diprediksi akan turun kembali turun di awal Oktober 2017.

Setelahnya, sekitar tanggal 5 atau 6 Oktober nanti, secara perlahan tren intensitas hujan akan kembali meningkat. Hujan di waktu tersebut akan menjadi penanda awal masuknya musim penghujan.

“Masa transisi itu hujannya singkat, dampaknya ada genangan atau banjir sesaat. Selain itu ada petir. Berikutnya adalah angin kencang,” papar Hary.

Selama beberapa hari terakhir, hujan terus terjadi baik pagi hari, siang maupun malam. Namun intensitas hujan sering kali berubah dan tidak berlangsung lama. Meski begitu, warga diminta tetap waspada dan mengantisipasi banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu. (kha)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini