nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Adanya Keturunan PKI, Panglima TNI: Kalau Sudah Berkelompok Harus Dicegah

Bayu Septianto, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 00:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 27 337 1784383 soal-adanya-keturunan-pki-panglima-tni-kalau-sudah-berkelompok-harus-dicegah-XS1o6mxdSm.jpg Panglima TNI Gatot Nurmantyo (foto: Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menilai bangsa Indonesia sudah cukup dewasa dalam menyikapi polemik peristiwa G30S/PKI. Terutama terkait dengan keturunan dari Partai Komunis Indonesia (PKI) yang bisa beraktivitas hingga saat ini.

"Buktinya jelas, siapa yang nulis buku 'Aku Bangga sebagai Anak PKI'. Orangnya ada di sini (DPR), ya kan? Masuk parlemen ya, diapa-apakan nggak sama umat Muslim? Diapa-apakan nggak? Tidak," tutur Gatot dalam diskusi bertemakan "Pancasila dan Integrasi Bangsa" yang digelar Fraksi PKS DPR RI, di ruang rapat Fraksi PKS, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2017).

Menurut Gatot, bangsa Indonesia tak boleh mendiskriminasikan keturunan PKI untuk bisa beraktivitas dengan masyarakat lainnya. Jenderal bintang empat ini menegaskan yang membahayakan justru adalah bangkitnya kelompok berpaham komunis sehingga harus dicegah.

"Karena yang besar mengayomi yang kecil. Selama normal saja tidak masalah. Itukan perorangan, kalau sudah ada kerja kelompok, itu membahayakan, harus dicegah," tegas Gatot.

Gatot menambahkan sikap tersebut menunjukkan bangsa ini masih mengedepankan asas Bhineka Tunggal Ika dan sifat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.

"Konsesus itu untuk menjaga bagaimana memperlakukan manusia Indonesia dalam satu negara yamg bisa langgeng," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini