Bangga! Ternyata Bung Karno Adalah Pemegang Gelar Honoris Causa Terbanyak

Ahmad Sahroji, Okezone · Kamis 28 September 2017 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 27 337 1784284 bangga-ternyata-bung-karno-adalah-pemegang-gelar-honoris-causa-terbanyak-zAMHOtV9K4.jpg

JAKARTA - Universitas Negeri Padang (UNP) menganugerahi gelar doktor kehormatan (honoris causa) kepada Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri. Penganugerahan gelar doktor kehormatan dilakukan secara resmi melalui rapat senat terbuka UNP yang dilangsungkan di Auditorium UNP, Rabu (27/9/2017), kemarin.

UNP menyatakan Undang-Undang (UU) No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang lahir pada masa kepemimpinan Megawati itu telah meningkatkan perhatian pemerintah kepada dunia pendidikan.

Petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bukan yang satu-satu tokoh di tanah air yang pernah mendapat penghargaan serupa. Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat, presiden pertama Indonesia Soekarno adalah pemegang gelar honoris causa terbanyak.

Bung Karno yang merupakan ayahanda Megawati itu mendapat gelar Doktor Honoris Causa untuk bidang ilmu yang berbeda-beda. Rinciannya, 16 untuk bidang ilmu hukum, 3 untuk bidang ilmu kemasyarakat, 3 untuk ilmu teknik, 3 untuk bidang ilmu agama Islam, dan 1 untuk ilmu sejarah.

Dari sekian presiden dan pemimpin dunia, Bung Karno barangkali yang terbanyak mendapat gelar Doctor Honoris Causa. Sang proklamator dianugerahi 26 gelar Doctor Honoris Causa dari 7 universitas dalam negeri dan 19 universitas luar negeri.

Penghargaan diatas diberikan bukan semata-mata Bung Karno dekat dengan berbagai pemimpin negara-negara dimana tempat universitas yang memberikan gelar. Biasanya dalam pemberian gelar Doctor Honoris Causa, sang penerima harus melakukan orasi ilmiah mengenai apa yang menjadi bidang pemikirannya.

Bung Karno bukan hanya terkenal sebagai orator ulung, sang singa podium, tapi beliau adalah orang cerdas yang mengerti berbagai hal yang terjadi dalam masyarakat. Selain fasih dalam ilmu hukum, penghargaan lain yang diberikan kepada beliau meliputi ilmu politik, teknik, mesin, falsafah hingga ilmu agama (tauhid).⁠⁠⁠⁠

(ydp)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini