nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai dari Penghargaan Lencana Melati sampai Didapuk sebagai Tokoh Peduli Olahraga, Ini Prestasi Gus Ipul Lainnya

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 07:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 22 337 1781133 mulai-dari-penghargaan-lencana-melati-sampai-didapuk-sebagai-tokoh-peduli-olahraga-ini-prestasi-gus-ipul-lainnya-9ALWE5F2BK.jpg Saifullah Yusuf dan Hary Tanoesoedibjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul digadang-gadang bakal maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang. Tak banyak diketahui, pria yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, 28 Agustus 1964 ini ternyata menyimpan sejumlah prestasi.

Saat menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Gus Ipul tercatat sebagai Menteri yang paling sering "blusukan" di daerah-daerah tertinggal.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor selama dua periode ini juga pernah mendapat penghargaan Lencana Melati oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada HUT ke-51 Gerakan Pramuka di Bumi Pekemahan Cibubur, Jakarta, 3 September 2012. Saat itu Gus Ipul menjabat sebagai Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Jatim.

Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Timur juga pernah menobatkan Gus Ipul sebagai tokoh peduli olahraga berupa "Special Award" 2014.

Saat dirinya menjabat sebagai orang kedua di Jatim, tercatat raihan yang diterima provinsi Jatim cukup banyak di antaranya penghargaan Narwasita Tantra yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada 2 Agustus 2017.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kelapa daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan istimewa lain, di saat bersamaan sebanyak 31 penghargaan juga diberikan bagi Jawa Timur diantaranya adalah penghargaan Adipura bagi beberapa bupati/walikota, lantas Adipura Kencana, Kalpataru, dan Adiwiyata.

Untuk penghargaan Adipura Kencana, dari enam kabupaten/kota di Indonesia, tiga diantaranya diraih oleh Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kabupaten Jombang. Penghargaan Adipura Kencana ini diberikan karena pemerintah kabupaten/kota tersebut minimal sudah tiga kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura. Untuk penghargaan Adipura diraih oleh 23 kabupaten/kota dan 5 berupa Sertifikat Adipura.

Saat mendampingi Gubernur Jatim Soekarwo sebagai wakil gubernur. Provinsi Jatim juga tercatat sebagai langganan dalam raihan anugerah Wahana Tata Nugraha Wiratama, yakni sebanyak enam kali berturut-turut meraih penghargaan utama di bidang transportasi.

Pada 1 Juli 2017, Gus Ipul yang mewakili Soekarwo Gubernur Jatim juga menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) kategori Insfrastruktur dan Pembangunan dari media Koran Sindo. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Media Nusantara Citra (MNC) Hary Tanoesoedibjo.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini