nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istri Pembuat Film G30S/PKI Setuju Ada Film Baru Sesuai Usulan Presiden Jokowi

Yudhistira Dwi Putra, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 08:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 22 337 1781102 istri-pembuat-film-g30s-pki-setuju-ada-film-baru-sesuai-usulan-presiden-jokowi-AndH9OVsz1.jpg

JAKARTA - Usulan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo terkait pembuatan ulang film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI karya Arifin C. Noer turut ditanggapi oleh Jajang C. Noer, aktris senior sekaligus istri dari Arifin.

Ditemui Okezone di Jakarta, Jajang menyatakan dirinya merestui wacana penggarapan kembali film legendaris rilisan tahun 1984 itu.

"Oleh karena itu, ketika Pak Presiden mengatakan mesti bikin film lain lagi, saya sangat setuju," kata Jajang.

Menurut Jajang, peristiwa yang terjadi dalam sejarah adalah pintu masuk bagi setiap perdebatan, terlebih bagi bangsa merdeka seperti Indonesia. Karenanya, Jajang mengaku tak ambil pusing soal kontroversi yang terjadi di tengah masyarakat terkait kesesuaian fakta yang diangkat dalam film ini.

"Orang semua bisa saja punya pendapat. Sejarah pun itu bisa ada beberapa pendapat. Dilihat dari segi mana," kata Jajang.

Maka dari itu, Jajang mengaku setuju dengan wacana terkait penggarapan ulang film ini. Menurut Jajang, sejarah adalah objek terbuka, seperti seni pertunjukan film yang terkadang hanya dibedakan oleh ragam sudut pandang.

"Karena sejarah itu versinya bisa macam-macam. Jadi bahasanya mau dibuat sekarang lagi, ya itu bagus sekali," kata Jajang.

(ydp)

(amr)

Berita Terkait

G30S PKI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini