nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Film G30S PKI Versi Baru, Wiranto: Presiden Ingin Sejarah Diketahui Publik dengan Mudah ‎

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 22 September 2017 18:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 22 337 1781090 film-g30s-pki-versi-baru-wiranto-presiden-ingin-sejarah-diketahui-publik-dengan-mudah-8206-4AWLyOnJTq.jpg Menko Polhukam Wiranto

JAKARTA - Rencana pembuatan film G30S PKI versi milenial sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai pro dan kontra di masyarakat. Permasalahan film dokumenter di malam jahanam itu dinilai mampu mengubah sejarah kelam kudeta kelompok komunis di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan, belum ada instruksi khusus pembaharuan tentang film G30S PKI versi milenial itu. Ia menjelaskan, pembuatan versi baru film G30S PKI dilakukan agar publik mengetahui dengan mudah sejarah kelam kudeta PKI.

"Ini tidak ada instruksi, ini pendapat Presiden. Saya tangkap dan saya sampaikan seperti itu. sekarang kan banyak mengalir tuduhan-tudahan yang macam-macam kepada Presiden. Pro-kontra di masyarakat. Saya jernihkan sekarang. Presiden itu sebatas supaya sejarah itu dapat diketahui publik dengan cara yang mudah," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

(Baca Juga: Film G30S PKI Versi Baru, Pemuda Muhammadiyah: Silakan, Asal Tak Lari dari Fakta Sejarah)

Mantan Panglima ABRI itu menambahkan, pandangan masyarakat telah berbeda ‎saat ini lantaran pesatnya perkembangan zaman. Sebab itu, film G30S PKI dinilai perlu dibuat versi terbaru yang lebih milenial.

"‎Karena publik sekarang sudah berbeda dengan yang lalu. Oleh karena itu ada suatu pembaruan dalam penyajiannya yang lebih enak dalam masyarakat yang milenial. kan begitu," tuturnya.

Wiranto mengaku, belum membahas konten apapun terkait film G30S PKI versi milineal bersama Kepala Negara. Sehingga, ia belum dapat memberikan komentar apapun soal pembaruan versi film G30S PKI tersebut. "Sudah‎ cukup saya nggak diskusi lagi," ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi telah menanggapi ajakan nonton bareng pemutaran film G30S PKI yang dilakukan oleh pelbagai kalangan di masyarakat. Kepala Negara menekankan bahwa menonton film apalagi mengenai sejarah itu penting.

Akan tetapi untuk anak-anak milenial yang sekarang, menurut Presiden, seharusnya dibuatkan lagi film yang disesuaikan dengan gaya mereka. Dengan begitu, para anak muda ini akan dengan mudah memahami bahayanya komunisme.

"Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial," kata Presiden Senin 18 September 2017. ‎ ‎

Film "Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI" adalah judul film dokudrama propaganda Indonesia tahun 1984. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer. Film ini diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp800 juta kala itu. Film ini disponsori oleh pemerintahan orde baru era Presiden Soeharto.‎

(aky)

Berita Terkait

G30S PKI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini