nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPAI Larang Anak-anak Nonton Film G30S/PKI, Ini Tanggapan Kivlan Zein

Yudhistira Dwi Putra, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 08:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 22 337 1781052 kpai-larang-anak-anak-nonton-film-g30s-pki-ini-tanggapan-kivlan-zein-NYlA5VTadu.jpg

JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sempat mengeluarkan imbauan yang melarang peruntukkan film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI bagi anak-anak. Menurut KPAI, hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap Undang-undang (UU) Perlindungan Anak, lantaran banyaknya adegan kekerasan dalam film rilisan tahun 1984 itu.

"Bukan tidak setuju ya. Kami ini hanya menjalankan undang-undang. Amanat undang-undang itu melindungi anak anak dari konten porno dan kekerasan," ungkap Komisioner KPAI, Retno Listyarti kepada Okezone, Sabtu (23/9/2017).

Menanggapi hal tersebut, Mayjen Purnawirawan TNI Angkatan Darat, Kivlan Zein menyatakan sepakat dengan sikap KPAI. Meski terang-terangan mendukung rencana pemutaran film yang mengangkat sejarah kelam tahun 1965 ini ke tengah masyarakat, Kivlan mengaku dapat memahami sikap KPAI.

"Ya kalau masalah keberatan (yang disampaikan KPAI) itu kan bukan keberatan pada substansi (yang terkandung dalam film), tapi lebih kepada para penontonnya," kata Kivlan kepada Okezone, Sabtu (23/9/2017).

Menurutnya sederhana, kalau imbauan KPAI didasari pada upaya perlindungan anak dari paparan konten kekerasan yang banyak terkandung dalam film garapan Arifin C. Noer ini, maka Kivlan meminta semua pihak yang hendak menggelar acara screening untuk membatasi akses bagi anak-anak.

"Kalau dibawah 13 tahun itu dikatakan bisa merusak jiwa, psikologi atau perilaku, itu tidak ada masalah. Ya gampang saja, nanti kita sampaikan kepada panitia-panitia penyelenggara acara, untuk anak-anak tidak usah dibawa," kata Kivlan.

"Sebaiknya kita tampunglah (pendapat KPAI). Nanti kepada panitia untuk jangan memberi akses menonton kepada anak-anak," tambah Kivlan.

(ydp)

(amr)

Berita Terkait

G30S PKI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini