nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Pelatihan Akbar Guru PAUD Jokowi Sempat Bisik-Bisik dengan sang Istri, Bahas Apa Ya?

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 20 September 2017 18:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 20 337 1779850 di-pelatihan-akbar-guru-paud-jokowi-sempat-bisik-bisik-dengan-sang-isteri-bahas-apa-ya-jO8KOVBdii.jpg Presiden Jokowi menghadiri pelatihan akbar guru PAUD (foto: Antara)

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbisik-bisik dengan sang istri, Iriana Joko Widodo saat menutup pelatihan akbar 1.200 guru Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) yang ada di Provinsi DKI Jakarta di Islamic Center, Koja, Jakarta Utara. Lantas, apa yang dibahas Jokowi bersama Ibu Negara?

"Saya juga bisik-bisik ke istri, Ibu Negara dan Ibu Tjahjo, Ibu Sofjan Djajlil agar kegiatan-kegiatan ini dimasifkan," kata Jokowi dalam sambutannya di lokasi, Rabu (20/9/2017).

Kepala Negara menilai, pelatihan kepada guru-guru PAUD baru telaksana di 19 kabupaten/kota. Padahal Indonesia memiliki 516 kabupaten/kota yang seluruh guru PAUD-nya harus diberi pelatihan guna memberikan pendidikan yang berkarakter kepada generasi penerus bangsa.

"Jadi tadi saya bisik-bisik nih, Bu (Iriana) apa yang kurang agar pelatihan-pelatihan seperti ini semakin masif, seluruh guru-guru PAUD diberikan pelatihan, utamanya untuk mengatahui pilar-pilar karakter itu seperti apa?" ucapnya.

(Baca Juga: Presiden Jokowi: Guru PAUD Itu Sangat Istimewa)

Jokowi menitipkan, agar para siswa PAUD diberikan pendidikan yang baik dan benar guna menciptakan generasi yang mampu bersaing dengan bangsa lainnya. ‎Menurut dia, di era kompetisi global ini seluruh negara bersaing dengan bebas.

"Orang luar Indonesia bisa masuk kerja di sini. Orang kita juga bisa masuk ke sana untuk berkompetisi. Untuk memenangkan kompetisi itu tidak hanya masalah kecerdasan yang dibutuhkan, tapi karakter unggul, pribadi-pribadi unggul yang tahan banting, pantang menyerah," jelasnya.

Alasan itu lah yang membuat mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar pelatihan kepada guru-guru PAUD dapat dimasifkan ke seluruh wilayah di Tanah Air. Sehingga, Jokowi berharap, para pelajar dapat diberi pemahaman sejak dini tentang cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa hingga generasi cerdas yang mandiri, disiplin dan bertanggungjawab.

"‎Dan untuk itu lah anak-anak harus dilatih sejak dini. Sekali lagi usia 1 sampai 12 tahun sangat menentukan, siapa yang mengisi di situ, itulah yang menentukan dan akan menjadi prilaku, perangai setelah mereka dewasa," sambungnya.

"Jangan sampai anak-anak kita sudah dewasa pintar, cerdas tapi tak memiliki karakter yang tadi disampaikan. Sulit negara ini mengendalikan, mengelola orang-orang dengan karakter yang tidak betul," kata Jokowi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini