nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pawai Kebo Bule yang Selalu Diserbu Warga saat Malam Satu Suro

Fahmy Fotaleno, Jurnalis · Kamis 21 September 2017 06:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 20 337 1779810 pawai-kebo-bule-yang-selalu-diserbu-warga-saat-malam-satu-suro-qytzyLVZRr.jpg Pawai Kebo Bule. (Foto: Istimewa)

SOLO - Dalam perayaan menyambut tahun baru Islam di Keraton Kasunanan Surakarta, dilakukan kirab benda-benda pusaka, termasuk tujuh kerbau pusaka atau kebo bule yang dipercaya sebagai keturunan Kiai Slamet.

Sekelompok kebo atau kerbau yang dipercaya keramat ini akan diarak keliling kota. Konon katanya, leluhur kebo bule ini adalah hewan klangenan atau kesayangan Paku Buwono II.

Hal yang unik sekaligus menarik adalah masyarakat Solo menanti-nantikan acara ini untuk menyentuh dan berebut mengambil kotorannya yang dipercaya dapat membawa berkah.

Selain itu, ada cerita juga salah satu kebo bule bernama Kiai Bodong, masih keturunan kebo bule Kiai Slamet, mati mengenaskan pada 2014 malam setelah ditombak orang tak dikenal.

Kebo tersebut ditombak di Taman Seruni, Solo Baru, Sukoharjo, sebelum kirab 1 Suro pada tahun itu dilaksanakan. Pelaku menombak perut kiri dan pangkal kaki depan kanan kebo yang menimbulkan luka sedalam 10 sentimeter.

Dilansir dari berbagai sumber, Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta, Kanjeng Winarno Kusumo mengatakan jika Kebo Bule ini mempunyai sejarah panjang. Dimana, nama Kyai Slamet tersebut sebetulnya adalah salah satu pusaka berupa tombak milik keraton.

"Pada jaman Pakubuwono ke-10, sekitar tahun 1893-1939, melakukan tradisi membawa pusaka Kyai Slamet keliling tembok Baluwarti pada hari Selasa dan Jumat Kliwon. Saat itu, kebo bule selalu mengikuti di belakang," kata Kanjeng Winarno.

Tidak hanya warga Solo, tetapi dari daerah lain yang menyempatkan waktu untuk mengikuti kirab kebo bule. Dan bagi warga yang masih percaya, rela untuk mencari air bekas memandikan kebo bule bahkan kotoran kebo saat malam Satu Suro.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini