Sebut LBH Gelar Acara Berbau Komunis, Kivlan Zein: Ada Orang Saya di Dalam

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 19 September 2017 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 19 337 1778968 sebut-lbh-gelar-acara-berbau-komunis-kivlan-zein-ada-orang-saya-di-dalam-I9VUS872fK.jpg Kivlan Zein. (foto: antara)

JAKARTA - Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kas Kostrad), Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zein meyakini LBH tetap menggelar acara berbau PKI dikantornya. Padahal agenda tersebut tak diizinkan oleh aparat kepolisian pada Sabtu 16 September 2017.

Kivlan mengaku tahu dari orang yang berada di dalam kantor tersebut. Meski demikian, ia menyebut memperoleh jadwal pelaksanaan acara di LBH dari internet.

"Ada orang saya didalam yang memberitahukan ada seminar tetap jalan meski ditutup," kata Kivlan di Gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).

Kemudian, pada hari Minggu 17 September 2017, Kivlan menyebut bahwa LBH tetap melanjutkan acara berbau komunis. Padahal, aparat kepolisian memastikan tak ada kegiatan yang mengarah ke komunis.

Karena dianggap melanjutkan acara itu, Kivlan menyatakan bahwa rakyat marah dan berujung pada pengepungan kantor LBH pada Minggu malam.

"Tapi mereka tetap lanjutkan atau siapa sehingga rayat marah. Waktu saya dengar ada yang keluar pakai lambang palu arit dari kantor LBH. Ada lagu-lagu yang dinyakikan Genjer-Genjer. Itu lagu perangnya PKI ketika menyerang. Itu yang saya dengar. Mereka tak seminar, tapi pas pentas seni dan menyataan PKI tidak salah, yang salah Orde baru, yang salah pemerintah Soeharto, yang salah adalah tentara, mereka benar dan menyatakan PKI tak salah dan harus dihidupkan lagi," papar Kivlan.

[Baca Juga: Tolak Diskusi Tentang Komunis, Massa Geruduk Kantor LBH Jakarta]

Sebelumnya, Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menetapkan tujuh orang sebagai tersangka dari 15 orang yang ditangkap petugas Polda Metro Jaya diduga provokator aksi massa berujung ricuh di depan Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. (sym)

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini