Ketua MPR: Perseteruan Jauhkan Bangsa dari Kemajuan

Febrianto, Okezone · Selasa 19 September 2017 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 18 337 1778520 ketua-mpr-perseteruan-jauhkan-bangsa-dari-kemajuan-J5IXHIEy1z.jpg

JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut perseteruan menjauhkan bangsa dari kemajuan. Dia mengingatkan saat zaman penjajahan Belanda, rakyat Indonesia khususnya umat Islam, diadu domba, sedangkan pihak penjajah mengambil sumber daya alam Indonesia.

"Emas diambil, batubara diambil, nikel diambil. Umat Islam, rakyat kita, biar miskin disuruh berkelahi terus," katanya dalam acara sosialisasi empat pilar di Madura, Senin (18/9/2017).

Dirinya juga meminta masyarakat menghindari dan menghentikan perseteruan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena hal tersebut hanya membuat mereka melupakan upaya-upaya membangun bangsa.

"Hentikan persaingan, perbedaan. Kalau kita ribut terus, kita lupa menuntut ilmu, lupa mengembangkan ekonomi, lupa membangun bangsa," ujarnya.

Di hadapan ratusan warga NU, Zulkifli juga meminta seluruh umat Islam untuk dapat hidup saling menghormati dan menghargai antarsesama umat beragama.

Warga NU yang hadir dalam sosialisasi empat pilar tersebut, mengapresiasi langkah pimpinan MPR berkeliling Indonesia menyosialisasikan nilai-nilai ideologi kebangsaan.

"Sudah bertahun-tahun, baru kali ini Desa Juluk didatangi pimpinan MPR. Sosialisasi seperti ini penting untuk mengingatkan umat, khususnya warga NU, di desa kami, untuk terus menjaga kedamaian," kata Riyanto, salah satu warga NU di Desa Juluk.

Hal serupa diutarakan warga NU lainnya di Desa Juluk, Katurohman.

Ia menilai sosialisasi empat pilar perlu untuk terus dilakukan di desa-desa kecil yang selama ini jarang didatangi petinggi negeri. (feb)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini