nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demokrat: Komunisme Patut Diwaspadai, Tapi Jangan Dipolitisir!

Bayu Septianto, Okezone · Senin 18 September 2017 20:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 18 337 1778426 demokrat-komunisme-patut-diwaspadai-tapi-jangan-dipolitisir-6L1RwVMJZQ.jpg Waketum Demokrat Syarief Hasan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Demokrat mengatakan, isu kebangkitan komunisme yang berkemuka di Tanah Air memang patut diwaspadai. Namun, pihaknya mengingatkan agar kewaspadaan tersebut justru dipolitisir untuk kepentingan oknum tertentu.

"Memang harus waspada tetapi jangan politisir," ujar Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan saat dihubungi, Senin (18/9/2017).

Demokrat, kata Syarief, mendukung langkah-langkah yang dilakukan kepolisian membubarkan acara atau kegiatan berbau komunisme. Sikap Demokrat menyusul kegiatan di Lembaga ‎Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang dibubarkan kepolisian lantaran diduga berkaitan dengan kebangkitan komunis dan PKI.

Menurut Syarief, hal tersebut sesuai dengan TAP MPR Nomor 25/1966 bahwa segala bentuk acara yang berkaitan dengan komunisme harus dilarang. "Itu tidak boleh, dan dilarang dan pemerintah wajib melakukan dan melaksanakan aturan itu," ujarnya.

Namun, anggota Komisi I DPR itu menekankan pembubaran yang dilakukan kepolisian jangan sampai justru menimbulkan polemik di masyarakat. Harus tetap mengedepankan cara-cara persuasif bukan dengan tindakan refresif.

"Memang kepolisian untuk bisa menjaga ketertiban. Polisi memiliki hak untuk melakukan pembubaran tapi bukan represif," kata Syarief.

Sementara Syarief tak mau mengaitkan peristiwa dan isu komunis itu dengan tahun politik pada 2018 dan 2019. Namun, yang terpenting baginya, aparat kepolisian harus siap melakukan pencegahan dini timbulnya komunisme di Tanah Air.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini