nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Khofifah dan Gus Ipul Maju di Pilgub, Pendukung NU Diprediksi akan Terbelah

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 14 337 1776087 jika-khofifah-dan-gus-ipul-maju-di-pilgub-pendukung-nu-diprediksi-akan-terbelah-E6Tm8rTJaO.jpg Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa (Foto: IST)

JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut akan kembali maju dalam kontestasi politik Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018. Perempuan asal Surabaya ini mengaku telah intens menjalin komunikasi dengan sejumlah elemen masyarakat dan partai, seperti dengan Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Bahkan, lanjut perempuan yang kini menjadi Menteri Sosial tersebut, silaturahmi juga dilakukan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, padahal PKB telah definitif mengusung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilkada Jatim mendatang.

"Silaturahim semua, dengan mas imin (Ketum PKB) juga. Silaturahim kan tidak selalu terkait rekomendasi-rekomendasi Pilgub?," kata Khofifah.

Pengamat politik dari Political Literacy, Adi Prayitno beranggapan, jika Khofifah mantap untuk mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Jawa Timur, maka akan berdampak dengan terbelahnya kekuatan Nahdlatul Ulama sebagai lumbung suara di Jatim.

"Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah, kemanakah kira-kira suara mayoritas NU? Jika melihat peta politiknya, suara NU sepertinya akan terbelah dua secaya mayoritas, yakni ke Gus Ipul dan Khofifah," terang Adi kepada Okezone, Jumat (15/9/2017).

Menurut Adi terbelahnya NU di Jatim teridentifikasi dua bagian. NU struktural akan memilih Gus Ipul, sedangkan NU kultural akan mendukung Khofifah.

"NU struktural sepertinya akan lebih ke Gus Ipul, sementara NU kultural, terutama ibu-ibu muslimat NU Akan ke khofifah. Pemilih NU inilah yg akan menentukan siapa yg bakal jadi pemenang pilgub Jatim," imbuh Adi yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, UIN Jakarta.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini