nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cepat dan Hemat Waktu, Alasan Jokowi 'Terbangkan' Bantuan Rohingya Pakai Hercules

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 13 September 2017 10:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 13 337 1774805 cepat-dan-hemat-waktu-alasan-jokowi-terbangkan-8206-bantuan-rohingya-pakai-hercules-xkmpf6vWU5.jpg Empat pesawat Hercules disiapkan untuk membawa bantuan bagi etnis Rohingya (Foto: Fakhrizal/Okezone)

JAKARTA - Empat pesawat Hercules diterbangkan guna membawa bantuan ke Bangladesh, yang akan diberikan kepada korban ‎krisis kemanusiaan terhadap etnis Rohingya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melepas keberangkatan capung terbang milik TNI di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur tersebut. Menurut Presiden, alasan penggunaan pesawat Hercules dilakukan agar pengiriman bantuan lebih cepat diterima oleh pengungsi Rohingya.

"‎Kenapa pakai pesawat, pengalaman lalu pakai kontainer akan memakan waktu lama padahal diharapkan secepatnya dapat dipakai pengungsi," kata Jokowi di lokasi.

Baca juga: Dilepas Presiden Jokowi, Empat Hercules Berangkat Bawa Bantuan untuk Rohingya

Sebanyak 18 orang relawan juga diberangkatkan untuk pengungsi Rohingya dari berbagai unsur seperti TNI, BNPB, Kemenlu, Kemenko PMK dan media.

Kepala Negara mengatakan, pengiriman bantuan ini dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan diplomasi kepada pemerintah Bangladesh agar diberikan akses untuk mengirimkan bantuan dari pemerintah Indonesia.

‎"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang bantu, baik masyarakat, ormas, pengusaha, pemda bersama-sama kirim juga kepada saudara kita pengungsi Rakhine State di Myanmar Bangladesh," tuturnya.‎

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini