Share

Dilepas Presiden Jokowi, Empat Hercules Berangkat Bawa Bantuan untuk Rohingya

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 13 September 2017 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 337 1774792 dilepas-presiden-jokowi-empat-hercules-berangkat-bawa-bantuan-untuk-rohingya-QRJ2Gt35pR.jpg Pesawat Hercules membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas tim bantuan untuk pengungsi Rohingya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (13/9/2017). Presiden Jokowi tiba di lokasi sekira pukul 08.52 WIB.

Presiden Jokowi mengatakan, bantuan ini diberikan setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi berbicara dengan pemerintah Bangladesh. Bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia dibawa dengan menggunakan empat pesawat Hercules.

"Di dalamnya ada beras, bantuan makanan siap saji, ada family kits, tangki air, tenda, serta pakaian anak, selimut karena sangat diperlukan," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya sengaja menggunakan Hercules agar dapat segera sampai di tempat tujuan.

"Pengalaman yang lalu (pakai) kontainer makan waktu lama, padahal diharapkan secepatnya (bantuan) dipakai pengungsi," ujarnya.

Kepala Negara menghanturkan ucapan terima kasihnya lantaran pemerintah Bangladesh telah membuka akses bantuan kepada para korban krisis kemanusiaan di Tanah Burma itu. Selain itu, ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu memberikan materi untuk pengungsi Rohingya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak yang bantu, baik masyarakat, ormas, pengusaha, pemda bersama-sama kirim juga kepada saudara kita pengungsi Rakhine State di Myanmar Bangladesh," tuturnya.

Pesawat Hercules itu juga memberangkatkan 18 orang relawan untuk pengungsi Rohingya dari berbagai unsur, termasuk TNI, BNPB, Kemenlu, Kemenko PMK, dan media.

Follow Berita Okezone di Google News

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini