Tegas! Dalami Kasus Debora, KPAI Segera Panggil RS Mitra Keluarga

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 11 September 2017 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 11 337 1773429 tegas-dalami-kasus-debora-kpai-segera-panggil-rs-mitra-keluarga-6muOtbIS9g.jpg KPAI segera panggil RS Mitra Keluarga terk

JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto menyesalkan kejadian meninggalnya bayi berusia empat bulan Tiara Debora Simanjurang di RS Mitra Keluarga, Kalideres yang diduga tidak mendapat penanganan maksimal oleh pihak rumah sakit.

Untuk itu pihaknya akan memanggil pihak rumah sakit untuk dimintai keterangan secara komperhensif. "Kami KPAI akan mendalami peristiwa ini dengan menggali informasi terhadap pimpinan RS Mitra Keluarga guna mendapatkan keterangan yang komperhensif," kata Susanto di Kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, (11/09/2017).

Susanto mengatakan, KPAI sebelumnya memintai keterangan pihak keluarga dan sesegera mungkin akan mendalami pihak rumah sakit agar duduk masalahnya bisa didapat secara utuh dan berimbang. "Mungkin hari Rabu kita akan panggil pihak rumah sakit untuk minta keterangan," kata Susanto.

Menurut susanti, negara sebenarnya memilik kewajiban memberikan layanan kesehatan bagi seluruh anak Indonesia meski kondisinya secara ekonomi kurang mampu. Undang-Undang (UU) perlindungan anak juga menegaskan itu.

Baca juga: Djarot: Banyak Rumah Sakit yang Masih Berorientasi Keuntungan Ketimbang Pelayanan

Selain itu, sambungnya, visi-misi rumah sakit merupakan lembaga sosial yang seharusnya mengedepankan prinsip kemanusiaan. "Jangan sampai layanan kesehatan itu menafikan prinsip kemanusiaan itu," tuturnya.

Sementara itu, Retno Listiarti Komisioner KPAI Bidang Pendidikan menilai, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam hal ini harus melakukan pengawasan. Menurut dia, rumah sakit mana pun harus mengedepankan sisi kemanusiaan. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini