nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perintah Presiden Kepada Menkumham dan Jaksa Agung Pasca Kamisan Ke-505

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 09 September 2017 09:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 08 337 1772377 perintah-presiden-kepada-menkumham-dan-jaksa-agung-pasca-kamisan-ke-505-df90gumAhV.jpg

JAKARTA - Aksi Kamisan ke-505 pada Kamis, 7 September 2017 lalu membuahkan sebuah hasil yang cukup baik. Pasca aksi itu, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menkopolhukam Wiranto dan Jaksa Agung HM Prasetyo untuk menyelesaikan pengusutan misteri pembunuhan Munir Said Thalib.

Aksi Kamisan merupakan sebuah aksi damai yang rutin digelar oleh para tokoh, aktivis dan pegiat HAM serta masyarakat luas setiap hari kamis sejak 13 tahun lalu. Aksi Kamisan digelar untuk menuntut pengusutan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, sejatinya Jokowi telah beberapa kali mengingatkan kepada Wiranto dan Prasetyo untuk sesegera mungkin menyelesaikan pengusutan kasus Munir dan kasus-kasus pelanggaran HAM lain yang masih terbengkalai.

"ā€ˇSebenarnya sudah waktu itu dalam beberapa kesempatan termasuk dalam rapat kabinet, Presiden kan sudah meminta Pak Wiranto, Jaksa Agung untuk menyelesaikan beberapa kasus HAM," kata Teten di Gedung KSP, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Menurut Teten, Jokowi memiliki fokus besar terhadap pengusutan kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Maka dari itu, dalam berkali kesempatan, Jokowi kerap meminta kepada para menteri terkait untuk mengusut tuntas kasus-kasus tersebut.

Bahkan, Jokowi menjadikan penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM sebagai bagian dari Nawa Cita. (ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini