nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Dilaporkan Repdem karena Diduga Menghina Megawati, Begini Tanggapan Dhandy

Fahmy Fotaleno, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 07 337 1771142 usai-dilaporkan-repdem-karena-diduga-menghina-megawati-begini-tanggapan-dhandy-K773iY7FHr.jpg (Foto: Telegraph)

JAKARTA-Organisasi sayap PDI Perjuangan Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) melaporkan Pemilik akun facebook bernama Dhandy Dwi Laksono dilaporka ke Polda Jatim, Rabu 6 September 2017 karena dianggap telah menghina Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Presiden Joko Widodo.

Dalam akunnya tersebut, Dhandy memuat opini berjudul 'San Suu Kyi dan Megawati', dimana isinya menyamakan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dengan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Menanggapi laporan tersebut, Dhandy mengaku terkejut dengan pelaporan itu. Alih-alih mendapat kiriman artikel bantahan atau perspektif pembanding, yang datang justru kabar dilaporkan ke polisi.

"Kawan-kawan pengacara dari berbagai lembaga bantuan hukum maupun individu-individu, menyarankan agar semua respon terkait kasus ini hendaknya terukur. Saran ini agak mengganggu kebiasaan saya yang cenderung lebih spontan. Tapi mereka banyak benarnya," ujarnya kepada Okezone, Kamis (7/9/2017).

Yang sedang ia lakukan saat ini, kata Dhandy adalah mengumpulkan informasi apakah ini semata sikap reaksioner sekelompok partisan politik yang memanfaatkan “pasal-pasal karet” dalam UU ITE dan KUHP, atau sebuah varian represi baru bagi kebebasan berpendapat tanpa mengotori tangan dan citra kekuasaan.

"Langkah polisi atas pelaporan ini juga akan ikut menentukan sikap yang harus kami lakukan di tahap selanjutnya," katanya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini