Soal Tren Artis Terjun ke Dunia Politik Jelang Pileg 2019, Ini Pendapat Para Politikus...

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 07 September 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 337 1770931 soal-tren-artis-terjun-ke-dunia-politik-jelang-pileg-2019-ini-pendapat-para-politikus-P0KGMPnpW7.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Artis menjadi figur yang diminati partai politik dalam setiap kontestasi baik Pemilu, Pilpres ataupun Pilkada. Popularitas yang mereka sandang menjadi salah satu alasannya. Mereka dinilai bisa menarik suara sebanyak-banyaknya bagi partai ataupun seorang calon tertentu. Sejumlah politikus pun memprediksi para pekerja seni yang terjun ke dunia politik bakal terus bertambah yang menjelang Pileg 2019.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memprediksi kalangan arti yang berkecimpung di dunia politik akan semakin bertambah. Itu akibat dari sistem Pemilu yang dijalankan di Indonesia adalah sistem proporsional terbuka. Sehingga semua parpol akan mencari caleg yang memiliki popularitas tinggi di mata masyarakat.

“Ya di dalam sistem proporsional terbuka ini memang ada kecenderungan orang mencalonkan hanya berdasarkan popularitas semata,” ujarnya kepada Okezone, Kamis (7/9/2017).

 (Baca: Sudah Ramai Isu Pilpres, Begini Tahapan Pemilu 2019)

Ia menambahkan, meski tetap mencari orang yang memiliki nilai popularitas tinggi, Hasto menilai partai harus tetap akan mengedepankan aspek kualitas. Sebab, pihaknya tak ingin apabila nanti mereka sukses melanggeng ke gedung parlemen, tapi tidak mengerti fungsi legislatif itu seperti apa. Oleh sebab itu, pihaknya memiliki seleksi yang ketat bagi artis yang akan maju lewat partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Karena itu lah mereka-mereka yang memiliki basis elektoral yang diukur dari popularitas yang baik akan ditingkatkan kemampuannya. Sehingga mereka mempunyai pemahaman dalam menjalankan fungsi legislasi dan fungsi anggaran,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan, Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya memprediksi gelombang artis yang berubah haluan menjadi seorang politikus akan semakin banyak menjelang Pileg 2019. Sebab, ada sebagian parpol yang berpandangan bahwa dengan menggaet publik figur yang sudah lebih banyak dikenal masyakarat bakal memberikan keuntungan ke partainya.

“Menurut saya di 2019 akan makin banyak yah. Pertama memang 2019 ini pertaruhan yang tinggi bagi semua parpol. Apalagi tingkat parlementary threshold meningkat menjadi 4 %, sehingga untuk mendongkrak suara partai, parpol membutuhkan caleg yang mampu mendomplang suara,” tuturnya.

Ketika disinggung apakah partai besutan Prabowo Subianto itu menganut cara tersebut, ia berkilah bahwa pihaknya tak menganut strategi itu untuk meraup suara yang tinggi dalam Pileg 2019. Sebab, kata dia, partai berlambang burung garuda itu tetap bakal memperjuangkan kader internal yang sudah berjuang memajukan nama Partai Gerindra di daerahnya masing-masing.

“Bagaimana pun yang terpenting itu mengutamakan kader-kader yang ada, yang selama ini telah berjuang sama Partai Gerindra itu menjadi prioritas,” pungkasnya

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini