nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tragedi Rohingya, Pemuda Muhammadiyah: ASEAN Harus Beri Sanksi ke Myanmar

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 06:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 06 337 1770148 tragedi-rohingya-pemuda-muhammadiyah-asean-harus-beri-sanksi-ke-myanmar-Y2BFS2qsZ8.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman menilai, kasus yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar adalah pelanggaran berat terhadap kemanusian.

"Kondisi Rohingya jelas-jelas terjadi pelanggaran berat terhadap kemanusiaan. Tindakan militer menyerang sipil secara berlebihan tidak dapat dibenarkan atas alasan apa pun. Pembunuhan dan penyerangan fisik terhadap siapa pun dan atas alasan apapun adalah pelanggaran,” ujar Pedri saat berbincang dengan Okezone, Rabu (6/9/2017).

Menurut dia, Pemerintah Indonesia harus memberikan tekanan politik yang efektif untuk menghentikan kebrutalan Myanmar. "Indonesia harus proaktif mendorong negara-negara dunia termasuk PBB dan ASEAN untuk mengambil langkah-langkah cepat dan efektif. Sudah tidak waktunya memakai diplomasi sunyi," kata Pedri.

Baca juga: Fahri Hamzah: Marilah Kita Terima Para Pengungsi Rohingya

Pedri pun juga mengapresiasi sikap pemerintah yang mengirimkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Myanmar untuk membicarakan kasus Rohingya ini. Akan tetapi Pedri ingin melihat efektitifitasnya sehigga harus terus dipantau dan jangan hanya sekadar basa-basi politik. Sebab, masalah ini terkait dengan keamanan nyawa manusia.

Selain itu, Pedri juga menilai bahwa dalam menghentikan kekerasan yang terjadi pada etnis Rohingya, Indonesia tidak bisa berjalan sendiran dan harus mengajak negara lainnya untuk mengecam apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Myanmar kepada etnis Rohingya.

"Namun itu tidak cukup kalau hanya dilakukan Indonesia sendiri. Karenanya harus mengajak negara-negara lain. Utamanya negara-negara ASEAN. Tindakan Myanmar jelas-jelas telah melanggar prinsip-prinsip perdamaian dan kemanusiaan. ASEAN harus memberi sanksi tegas pada Myanmar," ucap Pedri.

Ia pun menilai bahwa konflik yang terjadi di Myanmar hanya berfokus pada isu kemanusiaan dan jangan sampai melebar ke yang lainnya. "Fokus pada isu kemanusiaannya dan jangan melebar ke mana-mana. tetap proporsional," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini